Determinasi Kepatuhan Membayar Zakat Petani Perkebunan Kelapa Sawit Di Kecamatan kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu

Ningsih, Firda (2023) Determinasi Kepatuhan Membayar Zakat Petani Perkebunan Kelapa Sawit Di Kecamatan kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Pengesahan,Abstrak)
Cover,Pengesahan,Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Firda Ningsih_1916010046_BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
Firda Ningsih_1916010046_BAB III.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Firda Ningsih_1916010046_BAB V & Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Full Version)
Firda Ningsih_1916010046_Full Version.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Determinasi Kepatuhan Dalam Membayar Zakat Petani Perkebunan Kelapa Sawit Di Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu” di susun oleh Firda Ningsih, Nim : 1916010046, Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh petani/muzakki dalam membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu dilihat dari faktor psikologis masyarakatnya dalam membayar zakat perkebunan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah faktor religiusitas, pengetahuan, sikap, kewajiban moral etika dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh terhadap kepatuhan membayar zakat perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah Non probability sampling, dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu dalam pengambilan sampel. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan model analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar zakat, 2) variabel pengetahuan tidak bepengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar zakat, 3) variabel sikap berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar zakat, 4) variabel kewajiban moral atau etika berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar zakat, 5) variabel kontrol perilaku yang dirasakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar zakat. Adapun saran yang dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah diharapkan bagi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang zakat hasil perkebunan kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Zakat Pertanian, Religiusitas, Pengetahuan, Sikap, Kewajiban Moral Etika Dan Kontrol Perilaku Yang Dirasakan.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:28
Last Modified: 31 Aug 2023 03:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item