Pembayaran Sewa Menyewa Tanah dengan Hasil Panen di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok ditinjau dari Fikih Muamalah.

Romarto, Soni (2022) Pembayaran Sewa Menyewa Tanah dengan Hasil Panen di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok ditinjau dari Fikih Muamalah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Soni Romarto_1813040090_Cover, Persetujuan Pembimbing, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi,dll - Soni Romarto.pdf - Published Version

Download (877kB)
[img] Text (Bab 1)
Soni Romarto_1813040090_Bab I - Soni Romarto.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (Bab 3)
Soni Romarto_1813040090_Bab III - Soni Romarto.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Soni Romarto_1813040090_Bab V - Soni Romarto.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (Fulltext)
Soni Romarto_1813040090_Fulltext - Soni Romarto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik sewa menyewa tanah dengan hasil panen di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, yaitu adanya ketidakjelasan dalam pelaksanaan sewa menyewa tanah. Pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sewa menyewa tanah melalui hasil panen di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, bagaimana faktor penyebab keterlambatan pembayaran sewa menyewa tanah melalui hasil panen di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap praktik sewa menyewa tanah yang dilaksanakan antara penyewa dan pemilik tanah melalui hasil panen. Untuk menjawab persoalan di atas penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pemilik dan penyewa lahan sebagai informan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, buku berkaitan dengan objek yang diteliti dengan menggunakan metode kualitatif. Kemudian data yang sudah terkumpul ditulis dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan sewa menyewa yang dilakukan antara si penyewa dengan si pemilik lahan disepakati setelah panen, 2) Faktor penyebab keterlambatan pembayaran sewa menyewa ini adalah terjadinya gagal panen sehingga penyewa tidak ditepatinya dalam pembayaran sewa menyewa tanah dengan hasil panen, 3) Praktiknya dalam fikih muamalah dibolehkan pembayaran sewa menyewa tanah dengan hasil panen. akan tetapi, ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi, yaitu belum diketahuinya jumlah bal plastik (kg plastik misalnya 1 bal sama dengan 10 kg plastik) yang digunakannya. Maka sewa menyewa yang dilakukan penyewa dan pemilik tanah akadnya termasuk akad fasid (rusak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Tifa
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:32
Last Modified: 22 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

View Item View Item