Praktik Jual Beli Produk melalui Mystery Box pada Situs Shopee Ditinjau dari Teori Ba’i Salam

Zakia, Sri Rahma (2022) Praktik Jual Beli Produk melalui Mystery Box pada Situs Shopee Ditinjau dari Teori Ba’i Salam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Sri Rahma Zakia_1613030024_COVER DLL pdf - sri rahma zakia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
sri ahma zakia_1613030024_BAB I - sri rahma zakia.pdf - Published Version

Download (851kB)
[img] Text (Bab III)
Sri Rahma Zakia_1613030024_BAB III - sri rahma zakia.pdf - Published Version

Download (753kB)
[img] Text (Bab V)
Sri Rahma Zakia_1613030024_BAB V - sri rahma zakia.pdf - Published Version

Download (591kB)
[img] Text (Fulltext)
SRI RAHMA ZAKIA.1613030024.FULTEXT - sri rahma zakia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya jual beli produk mystery box pada situs Shopee yang membuat para pembeli merasa kurang puas dan kecewa dengan produk yang ada pada mystery box yang mana pihak toko tidak ada menjelaskan dengan rinci mengenai produk yang dibeli pembeli. Sehingga dari penjelasan rincian produk yang tidak jelas menimbulkan kekecewaan terhadap pembeli. untuk itu, perlu dilakukan penelitian bagaimana praktik jual beli produk melalui mystery box pada situs Shopee ditinjau dari teori Ba’i Salam. Berdasarkan latar belakang di atas pertanyaan penelitian ini yaitu: Bagaimana praktek jual beli produk melalui mystery box pada situs shopee. Apa alasan pemilik toko menjual produk melalui mystery box pada situs shopee. Bagaimana pandangan pembeli terhadap jual beli produk melalui mystery box pada situs shopee. Bagaimana tinjauan teori Ba’i Salam terhadap praktek jual beli produk melalui mystery box pada situs Shopee. Pada skripsi ini penulis mengumpulkan bahan dengan melakukan penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara kepada pihak yang terkait. Selanjutnya data yang penulis peroleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa, Praktik transaksi jual beli mystery box pada situs Shopee dilakukan dengan cara pembeli memesan produk mystery box dalam keadaan tidak mengetahui secara jelas barang yang didapatkan. Mengenai alasan para pihak toko untuk menjual produk mystery box rata-rata dikarenakan jual beli seperti itu sedang tren dan hit, apalagi harga yang ditawarkan para pihak toko juga murah dan bervariasi tergantung pada jenis produk mystery box yang dijual. Pada praktek jual beli mystery box dari sepuluh pembeli yang diwawancari ada 6 (enam orang) pembeli yang tidak puas dan kecewa dengan produk yang mereka terima, karena barang yang mereka terima tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya, sebab sewaktu mereka membeli mystery box pihak toko tidak ada menjelaskan tentang rincian produk yang mereka jual. Dalam teori Ba’i Salam jual beli produk melalui mystery box pada situs Shopee secara keseluruhan transaksi jual belinya adalah tidak sah dikarenakan tidak terpenuhinya salah satu syarat Ba’i Salam yakni karakteristik dan spesifikasi barangnya pada produk mystery box tidak jelas, baik dari segi ukuran, warna, dan bahan yang digunakannya tidak ada dijelaskan sehingga jual beli ini dapat dikatakan mengandung unsur gharar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Tifa
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:54
Last Modified: 29 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item