Analisi Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing To Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional (BOPO) Dalam Peningkatan Profitabilitas (ROA) Pada Bank Muamalat Indonesia Priode 2015-2022

Hendi, Nuggra (2023) Analisi Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing To Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional (BOPO) Dalam Peningkatan Profitabilitas (ROA) Pada Bank Muamalat Indonesia Priode 2015-2022. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text
SKRIPSI NUGGRAHENDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
01.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text (BAB I)
02.pdf - Published Version

Download (594kB)
[img] Text (BAB III)
03.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustakka)
04.pdf - Published Version

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pergerakan Return On Asset (ROA) pada Bank Muamalat yang mengalami pergerakan yang fluktuatif mulai dari tahun 2015 hingga tahun 2022. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Capital Adequacy Ration (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) yang menjadi variabel independen dalam penelitian ini terhadap Return On Asset (ROA) yang menjadi variabel dependen pada bank Muamalat Indonesia. Pendekatan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentatif dikarenakan penggunaan data yang didapat dari laporan keuangan triwulan yang dipublikasikan oleh website resmi Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO). Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Langkah konkrit pengelolaan modal pada bank Muamalat dilihat pada upaya bank Muamalat untuk menjaga kecukupan modal. Bank yang memiliki modal besar namun tidak dapat menggunakan modalnya secara efektif untuk menghasilkan laba maka modal pun tidak akan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Namun, variabel Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Sementara itu secara simultan variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan besaran nilai R Square sebesar 0,9060 atau 90,60%. Kata kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Operating Expenses per Operating Inncome (BOPO), and Profitability (ROA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Operating Expenses per Operating Inncome (BOPO), and Profitability (ROA)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:00
Last Modified: 25 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item