Strategi Pemasaran Program Umrah Oleh PPIU PT Bonita Anugrah Pratama Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah

Julianti, Rita (2023) Strategi Pemasaran Program Umrah Oleh PPIU PT Bonita Anugrah Pratama Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWA DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, abstrak,persetujuan pembimbing dan pengesahan)
cover L.pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (Bab V dan daftar pustaka)
Bab V dan Daftar pustakaa.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di lihat dari data jamaah yang diambil dari tahun 2018-2022, yang menjelaskan bahwa dari tahun 2018-2019 mengalami peningkatan. Namun, pada tahun 2020-2021 mengalami penurunan dikarenakan pada tahun itu merupakan kehadiran Covid-19 sehingga PT. Bonita Anugrah Pratama gagal memberangkatkan jamaah. Tahun 2022 pemerintah mulai mengizinkan perjalanan umrah kembali, oleh karena itu pada tahun 2022 PT. Bonita Anugrah Pratama kembali merekrut jamaah. Di sini peneliti ingin mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Bonita Anugrah Pratama dalam menstabilkan jumlah jamaah. Pentingnya penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah pada perusahaan Umrah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk, tempat, harga, dan promosi PT. Bonita Anugrah Pratama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif yaitu penelitian yang melakukan analisis dan bersifat deskriptif/menggambarkan. Sumber data dari penelitian ini adalah PT. Bonita Anugrah Pratama, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan pada PT. Bonita Anugrah Pratama adalah: 1) Strategi produk PT. Bonita Anugrah Pratama dalam meningkatkan jumlah jamaah adalah adanya kualitas barang dan variasi barang yang dapat meningkatkan jumlah jamaah dikarenakan kualitas dan variasi produk sesuai dengan kebutuhan jamaah. 2) Strategi harga yang diterapkan oleh PT. Bonita Anugrah Pratama sudah sesuai dengan produk dan fasilitas yang di dapat tetapi belum maksimal di bagian pemotongan harga karena memiliki ketentuan dalam pemberian diskon dan harus menunggu persetujuan dari owner/direkturnya. 3) Strategi tempat PT. Bonita Anugrah Pratama dalam meningkatkan jumlah jamaah sudah berjalan dengan baik karena lokasi berada di tepi jalan pusat tempatnya orang berlalu lalang dan transportasi umum sehingga mudah di akses dan dicari begitu juga dengan lingkungan yang mendukung sekali untuk jasa yang ditawarkan. 4) Strategi promosi yang digunakan PT. Bonita Anugrah Pratama dalam meningkatkan jumlah jamaah yaitu secara online dan offline. Secara online seperti Geogle Ads, Facebook Ads dan Market Place, Maps, WhatsApp, dan juga Instagram. Sedangkan secara offline menggunakan metode bagi-bagi brosur, menjalin hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan lain, menjalin hubungan dengan konsumen, presentasi langsung dengan konsumen, pemasaran dari segi pelayanan yang disajikan lewat testimoni dari konsumen sehingga calon konsumen tertarik, serta perantara dari orang ke orang/mulut ke mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, pemasaran, meningkatkan jumlah jamaah
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:37
Last Modified: 25 Sep 2023 05:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item