Pengaruh Pemahaman Ekonomi Syariah dan Religiusitas terhadap Perilaku Pedagang di Pasar Raya Kota Padang

Fauziyah, Maratul (2023) Pengaruh Pemahaman Ekonomi Syariah dan Religiusitas terhadap Perilaku Pedagang di Pasar Raya Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Cover)
Maratul Fauziyah 1916010015 _Cover dll.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text (BAB I)
BAB_I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
BAB_ V dan DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT _Maratul Fauziyah 1916010015 FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Islam sebagai agama yang banyak dianut oleh Sebagian besar pedagang di pasar raya Kota Padang, memiliki sumber hukum berupa al-Quran dan sunnah Rasul. Di dalam kedua sumber hukum tersebut terdapat aturan mengenai tata cara bisnis yang beretika. Sebagai seorang muslim hendaknya dalam melakukan aktivitas bisnis perlu dilandasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman ekonomi syariah dan religiusitas terhadap perilaku pedagang di pasar Raya Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah pedagang yang memiliki timbangan di pasar Raya Kota Padang sebanyak 100 orang pedagang. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling di mana sampel diambil secara acak sebanyak 50 orang responden. Dengan teknik pengolahan data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis, serta menganalisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat SPSS Versi 25. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman ekonomi syariah berpengaruh terhadap perilaku pedagang di pasar Raya Kota Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 47, 742 > 1, 677 t table dengan nilai signifikansi sebesar 0, 000 lebih kecil dari 0, 05 (0, 000 < 0, 05), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa variabel pemahaman ekonomi syariah berpengaruh terhadap perilaku pedagang di Pasar Raya Kota Padang dan variabel religiusitas berpengaruh terhadap perilaku pedagang di Pasar Raya Kota Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 18, 491 > 1, 677 dengan nilai signifikansi sebesar 0, 000 lebih kecil dari 0, 05 (0, 000 < 0, 05), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa variabel religiusitas berpengaruh terhadap perilaku pedagang di Pasar Raya Kota Padang. Hubungan antara variabel pemahaman ekonomi syariah dan variabel religiusitas dengan variabel perilaku pedangang memiki hubungan atau korelasi positif, hal ini didasari dari interpretasi data perolehan sebesar 0, 997. Ketika pemahaman ekonomi syariah dan perilaku keagamaan pedagang baik maka perilaku berdagangnya juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Religiusitas, Perilaku Pedagang
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:34
Last Modified: 22 Sep 2023 03:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12861

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item