PERAN BADAN USAHA MILIK NAGARI (BUMNAG) MADANI TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NAGARI LUBUK MALAKO KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

Khairul Alfikri, Khairul (2022) PERAN BADAN USAHA MILIK NAGARI (BUMNAG) MADANI TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NAGARI LUBUK MALAKO KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Khairul Alfikri_1816010050_Cover,dll - khairul Alfikri.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Khairul Alfikri_1816010050_Fulltext - khairul Alfikri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

BUMNag Madani Merupakan lembaga yang sangat efektif untuk mendorong peningkatan sosial ekonomi. Namun pada pelaksanaan programnya, BUMNag Madani masih mengalami beberapa kendala, diantaranya pengembangan program BUMNag Madani yang masih belum berjalan dengan optimal, serta sinergi dari beberapa pelaksanaan program BUMNag Madani masih kurang dalam menunjang kondisi sosial ekonomi masyarakat Nagari Lubuk Malako, sehingga masyarakat masih belum bisa merasakan peran BUMNag Madani dalam beberapa program untuk membantu kondisi sosial ekonomi masyarakat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran BUMNag Madani terhadap Sosial Ekonomi masyarakat Nagari Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran BUMNag terhadap sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan Masyarakat Nagari Lubuk Malako, Kecamatan sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan. Sumber data dari penilitian ini yaitu Data primer yang diperoleh langsung melalui wawancara yang dilakukan dengan masyarakat dan Data sekunder yang diperoleh dokumen, majalah, arsip, atikel, jurnal dan sumber lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran BUMNag Madani terhadap sosial ekonomi masyarakat, baik dari segi pendidikan, pendapatan, sosial, kualitas hidup dan pengelolaan lingkungan perumahan serta peningkatan ekonomi. Adapun peran BUMNag Madani yang manfaatnya masih minim dirasakan oleh masyarakat adalah didalam bidang kesehatan. Dimana dari 50 orang responden, 31 orang menyatakan bahwa belum merasakan adanya peran BUMNag Madani didalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Masyarakat menyatakan bahwa kebutuhan akan kesehatan dapat terpenuhi disaat adanya pusat pelayanan kesehatan ataupun kerja sama yang dilakukan oleh BUMNag Madani dengan tenaga medis. Sehingga jika hal tersebut terpenuhi, maka yang merasakan peran BUMNag Madani terhadap kesehatan tidak hanya masyarakat yang membutuhkan ambulan karena keadaan darurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 21 Jun 2023 10:22
Last Modified: 21 Jun 2023 10:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item