ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK KPR iB PEMBIAYAAN MURABAHAH PLUS BANK NAGARI KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH PARIAMAN

JULIANA CERI M, JULIANA (0002) ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK KPR iB PEMBIAYAAN MURABAHAH PLUS BANK NAGARI KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH PARIAMAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (FULL TEXT)
JULIANA CERI M_1816050005_Fulltext - Juliana Ceri M.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Juliana Ceri M (NIM 1816050005), “Analisis SWOT Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk KPR iB Pembiayaan Murabahah Plus Bank Nagari Kantor Cabang Pembantu Syariah Pariaman”. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol Padang, 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dalam penentuan strategi pemasaran produk KPR syariah pembiayaan Murabahah Plus dan strategi yang cocok dalam memasarkan produk KPR syariah pada pembiayaan Murabahah Plus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Dari 6 tahun terakhir (2016-2021) jumlah nasabah yang mengajukan pembiayaan ini selalu berkurang. Hasil analisis SWOT menyebutkan bahwa produk KPR syariah pembiayaan Murabahah Plus Bank Nagari Kantor Cabang Pembantu Syariah Pariaman belum efektif dalam memenuhi kebutuhan konsumtif masyarakat dalam segi pembiayaan rumah tinggal di pasar persaingan yang kompetitif di wilayah Kota Pariaman. Terbukti dengan adanya analisis IFAS dan EFAS. Analisis IFAS menghasilkan komponen kelemahan lebih dominan jika dibandingkan dengan komponen kekuatan, dimana total skor kelemahan berjumlah 1.34, sedangkan total skor kekuatan berjumlah 1.16. Pada pada analisis EFAS, komponen terbesar terdapat pada sisi ancaman, dengan total skor 1.27, sedangkan total skor peluang yaitu 1.20. Berdasarkan interpretasi dari kuadran analisis SWOT, menunjukkan bahwa titik koordinat pada analisis internal yaitu -1.18 dan titik koordinat pada analisis eksternal yaitu -1.07 sehingga posisi strategi yang cocok terdapat pada kuadran IV, dimana kuadran IV ini menunjukkan bahwa Bank Nagari Kantor Cabang Pembantu Syariah Pariaman dengan produk KPR iB Pembiayaan Murabahah Plus berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Untuk mendapatkan strategi pemasaran produk KPR syariah pembiayaan Murabahah Plus yang efektif dalam pengembangan produk, Bank Nagari Kantor Cabang Pembantu Syariah Pariaman dapat menggunakan strategi WT (WeaknessesThreats), strategi ini merupakan teknik untuk bertahan dengan cara mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 21 Jun 2023 10:35
Last Modified: 21 Jun 2023 10:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item