DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT ( Studi Kasus: Objek Wisata Pantai Talao Pauh Kota Pariaman )

JEPRI ZARMANSYAH, JEPRI (2022) DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT ( Studi Kasus: Objek Wisata Pantai Talao Pauh Kota Pariaman ). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Jepri Zarmansyah_1713060267_Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi, Dll - Ahmadi Ahmad.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Jepri Zarmansyah_1713060267_Fulltext - Ahmadi Ahmad.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Dampak Pengembangan Objek Wisata Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Objek Wisata Pantai Talao Pauh Kota Pariaman)”. Pengembangan pariwisata cukup menjanjikan bagi suatu daerah untuk menyokong kesejahteraan masyarakat setempat sehingganya pemerintah begitu antusias dalam mengembangkan pariwisata di daerah yang berpotensi untuk dikembangkan. Salah satunya Pantai Talao Pauh yang terletak di Kota Pariaman yang merupakan destinasi wisata dengan konsep Waterfront City yang unik dengan perpaduan pemandangan pantai dan danau yang saling berdampingan. Dengan peluang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pengembagan objek wisata terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Pantai Talao Pauh Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan responden masyarakat yang berdagang di kawasan Objek Wisata Pantai Talao Pauh Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan uji beda dengan menggunakan paired sample t test di SPSSI 23.0 sebagai alat bantu. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan pendapatan sebesar Rp.2.889.743 yang mana sebelum pengembangan objek wisata rata-rata pendapatan masyarakat sebesar Rp.1.879.487. Dan pada pendidikan dan kesehatan masyarakat juga mengalami peningkatan yang mana sebelum adanya pengembangan objek wisata pantai talao pauh berada di angka 88,79% dan 90,26% setelah adanya pengembangan objek wisata pantai talao pauh meningkat 100%. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima yakni diduga terdapat adanya dampak pengembangan objek wisata terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Jadi berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya adanya dampak yang signifikan pada pengembangan objek wisata terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:11
Last Modified: 22 Jun 2023 01:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item