Implementasi Good Governance Terhadap Kinerja Badan Permusyawaratan Nagari (BAMUS) di Nagari Panyubarangan Kabupaten Dharmasraya

Puspitasari, Rani (2022) Implementasi Good Governance Terhadap Kinerja Badan Permusyawaratan Nagari (BAMUS) di Nagari Panyubarangan Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
RANI PUSPITASARI_1713040097_Cover, dll - Rani Puspitasari.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Rani Puspitasari_1713040097_BAB I Pdf - Rani Puspitasari.pdf - Published Version

Download (918kB)
[img] Text (BAB 2)
Rani Puspitasari_1713040097_BAB II Pdf - Rani Puspitasari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text (BAB 3)
Rani Puspitasari_1713040097_BAB III Pdf - Rani Puspitasari.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
Rani Puspitasari_1713040097_BAB IV Pdf - Rani Puspitasari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text (BAB 5)
Rani Puspitasari_1713040097_BAB V-Daftar Pustaka Pdf - Rani Puspitasari.pdf - Published Version

Download (727kB)
[img] Text (FULLTEXT)
RANI PUSPITASARI_1713040097_Fulltext_Pdf - Rani Puspitasari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembahasan skripsi ini dilatarbelakangi oleh berbagai tindakan yang melanggar peraturan nagari yang telah disahkan oleh Bamus dan wali nagari, sementara tidak ada ketegasan sanksi yang diberikan atas pelanggaran tersebut. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini yaitu: 1) Bagaimana kinerja BAMUS di Nagari Panyubarangan ditinjau dari sudut pandang good governance?. 2) Bagaimana implementasi teori good governance terkait tugas Bamus dalam melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Wali Nagari?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kinerja Bamus di Nagari Panyubarangan Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya menggunakan metode observasi, wawancara, dan interview. Adapun informan penelitian ini adalah Wali nagari, Ketua beserta Aparatur Bamus Nagari Panyubarangan. Secara umum, implementasi Good Governance terhadap kinerja Bamus di nagari Panyubarangan belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan prinsip-prinsip good governance. Masih ada beberapa fungsi dan kewenangan Bamus yang belum dilaksanakan selama masa jabatannya berlangsung, seperti fungsi regulasi/pengendalian dan pengawasan. Implementasi teori Good Governance terkait tugas Bamus dalam melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Wali Nagari belum terlaksana sepenuhnya karena anggota Bamus Nagari Panyubarangan masih belum menjalankan prinsip rule of law, akuntabilitas, dan efektivitas. Terdapat faktor pendorong kinerja Bamus, yaitu kerjasama yang baik antar sesama anggota Bamus, relasi dengan masyarakat, dan wilayah kerja yang terbilang cukup strategis. Selain itu, juga terdapat faktor penghambat kinerja Bamus Nagari Panyubarangan, yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai, biaya insentif maupun gaji Bamus yang masih terbilang sangat minim, perbedaan pendapat antara anggota Bamus dengan wali nagari, dan rendahnya partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:01
Last Modified: 16 Jun 2023 05:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item View Item