Peranan tokoh perempuan Minang dalam pendidikan perempuan dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Sumatera Barat

Sitto Rahmana, - (2021) Peranan tokoh perempuan Minang dalam pendidikan perempuan dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Cover dll_compressed.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Bab 1_compressed.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Bab 2_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Bab 4_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Sitto Rahmana_88315292_S3_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sitto Rahmana, NIM. 88315292. Disertasi berjudul : “PERANAN TOKOH PEREMPUAN MINANG DALAM PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DI SUMATERA BARAT”. Kondisi pendidikan di Minangkabau pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 tidak terlalu menguntungkan bagi perempuan Minang. Melihat situasi dan kondisi saat itu, beberapa perempuan Minangkabau bergerak dan berjuang dalam melawan ketidakadilan diantaranya adalah : Rohana Kudus, Rahmah El Yunusiah, dan Rasuna Said. Dari pemikiran ketiga tokoh perempuan Minang tersebut akan direlevansikan secara utuh melalui prosespendidikan Islam kontemporer yang baik dan relevan untuk mencapai kesempurnaan hak bagi perempuan Minang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian disertasi ini ialah : 1) mendeskripsikan peranan tiga tokoh perempuan Minang dalam pendidikan perempuan di Sumatera Barat, 2) mendeskripsikan dampak gerakan tiga tokoh perempuan Minang dalam pendidikan Islam kontemporer di Sumatera Barat, 3) mendeskripsikan relevansi pemikiran tiga tokoh perempuan Minang dengan pendidikan Islam kontemporer di Sumatera Barat. Dalam penelitian disertasi ini menggunakan penelitian tokoh melalui telaah pustaka karya ketiga tokoh perempuan Minang. Untuk mengumpulkan bahan, menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder yang berhubungan dengan penelitian disertasi ini. Adapun tekhnik pengolahan dan analisa data menggunakan metode content analysis dengan menggunakan beberapa langkah agar menghasilkan kesimpulan dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Peranan tiga tokoh perempuan dalam pendidikan perempuan, Rohana mendirikan sekolah perempuan bernama Kerajinan Amai Setia (KAS), menerbitkan surat kabar perempuan bernama Soenting Melajoe. Rahmah mencerdaskan perempuan melalui lembaga pendidikan Diniyah Puteri School. Rasuna memperjuangkan hak perempuan dengan cara bergabung ke bidang politik. 2) Dampak gerakan tiga tokoh perempuan Minang dalam pendidikan Islam kontemporer di Sumatera Barat, perempuan Minang mengikuti Rohana adanya keterampilan kerajinan perempuan Minangkabau dari dulu hingga sekarang masih dilestarikan yaitu tenunan songket di Nagari Pandai Sikek. Perempuan Minang yang mengikuti Rahmah dalam bidang pendidikan adalah FauziahFauzan EL M, SE, AKt, MSi dan Yosi Aryanti, S.Ag, M.A. Beberapa perempuan Minang mengikuti jejak Rasuna dalam bidang politik, adalah Nevi Zuairina, Hj. Emma Yohanna, Betti Sadiq Pasadigoe, S.E, AK. M.M. 3) Relevansi pemikiran tiga tokoh perempuan Minang dengan pendidikan Islam kontemporer di Sumatera Barat, Rohana menjadikan media masa sebagai cara memperkuat pendidikan Islam kontemporer. Rahmah menerapkan pendidikan pada 3 M, yaitu mendidik dengan keteladanan, mendidik bukan hanya mengajar dan mendidik tanpa emansipasi. Rasuna menekankan pendidikan Islam kontemporer harus melibatkan perempuan dalam politik untuk kemajuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Kelompok Sosial dalam Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:10
Last Modified: 16 Jun 2023 08:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12774

Actions (login required)

View Item View Item