PENGARUH MODAL DAN JAM KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KUE ARAI PINANG DI KENAGARIAN KASANG KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

DIAN SYAH FITRI, DIAN (2022) PENGARUH MODAL DAN JAM KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KUE ARAI PINANG DI KENAGARIAN KASANG KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (ABSTRAK)
Dian Syah Fitri_1816010134_Cover,dll - Dian Syah fitri.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Dian Syah Fitri_1816010134_Fulltext - Dian Syah fitri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Modal dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kue Arai Pinang di Kenagarian Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman” di susun oleh Dian Syah Fitri NIM. 1816010134. Program Studi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta di lapangan bahwa banyaknya masyarakat yang menjalankan usaha mikro untuk menopang perekonomian keluarganya. Terbatasnya jumlah modal yang dimiliki membuat para pengusaha sulit untuk mengembangkan usaha mikro yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal, jam kerja terhadap pendapatan usaha mikro kue arai pinang di kenagarian Kasang kecamatan Batang Anai kabupaten Padang Pariaman.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah sampel jenuh. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 30 responden yang merupakan pelaku usaha kue arai pinang di kenagarian kasang pada tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal dan jam kerja berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kue arai pinang dengan nilai F hitung 11,969 lebih besar dari F tabel 3,34 artinya modal dan jam kerja berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha kue arai pinang di kenagarian Kasang kecamatan Batang Anai kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Jun 2023 14:04
Last Modified: 20 Jun 2023 14:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item