Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktek Jual Beli Getah Karet di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar

Reflin, Reflin (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktek Jual Beli Getah Karet di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
REFLIN_1813040046_COVER DLL - Reflin.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
REFLIN_1813040046_BAB I - Reflin.pdf - Published Version

Download (921kB)
[img] Text (BAB 2)
REFLIN_1813040046_BAB II - Reflin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
REFLIN_1813040046_BAB III - Reflin.pdf - Published Version

Download (930kB)
[img] Text (BAB 4)
REFLIN_1813040046_BAB IV - Reflin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] Text (BAB 5)
REFLIN_1813040046_BAB V - Reflin.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (FULLTEXT)
REFLIN_1813040046_FULLTEKS - Reflin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem dalam jual beli getah karet antara petani dengan toke yang menerapkan sistem memotong timbangan dengan alasan kebiasaan masyarakat yang memasak santan dengan air aki yang bertujuan untuk menambah berat timbangan, untuk plastik kiloan getah karet yang berisikan air santan dari getah karet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktek jual beli getah karet dengan rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktek jual beli getah karet di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar.” Adapun pertanyaan penelitian adalah (1) Apa yang menjadi faktor penyebab pengurangan timbangan pada jual beli getah karet Nagari Padang Ganting? (2) Apa yang menjadi penyebab pembulatan timbangan jual beli getah karet Nagari Padang Ganting? (3) Bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap jual beli getah karet di Nagari Padang Ganting?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Faktor yang menjadi penyebab pengurangan berat timbangan yaitu: karena air yang terkandung dalam getah karet tersebut, plastik getah karet, karena kebiasaan buruk masyarakat seperti memasak santan getah dengan air aki yang bertujuan untuk menambah berat timbangan, tidak membersihkan sampah- sampah yang melekat pada getah karet, dan juga mengisi batu pada getah karet tersebut. (2) Penyebab terjadinya pembulatan berat timbangan karena untuk meminimalisirkan kerugian, terkadang toke tidak tahu apa yang ada di dalam getah karet tersebut, untuk itu toke mengambil langkah membulatkan timbangan dengan tujuan jaga-jaga. (3) Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa praktek pemotongan dan pembulatan timbangan getah karet oleh toke di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang, Ganting Kabupaten Tanah ditinjau dari prinsip tauhid, keseimbangan, tanggung jawab dan kejujuran tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Sedangkan pemotongan dan pembulatan pada pengumpu di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar ditinjau dari prinsip tauhid, keseimbangan, tanggung jawab, kehendak bebas dan kejujuran sudah sesuai dengan etika bisnisIslam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:37
Last Modified: 13 Jun 2023 08:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12737

Actions (login required)

View Item View Item