Pengembangan pembelajaran fikih berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang

Derliana, - (2021) Pengembangan pembelajaran fikih berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Cover dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Bab 1.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Bab 5 & Dftr Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Derliana_1820090012_S3_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Derliana NIM: 1820090012 Pengembangan Pembelajaran Fikih Berbasis Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang: Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2021. Permasalahan pembelajaran Fikih yang ada di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Kauman Padang Panjang secara umum belum mampu menguatkan pada ciri khas kepondokan, sedangkan secara khusus memiliki permasalahan sebagai berikut: (1) jumlah jam yang tersedia belum mencukupi untuk mengajarkan Fikih berbasis pondok pesantren; (2) pemanfaatan buku pembelajaran berbasis pondok pesantren belum maksimal dilakukan; (3) belum tersedianya contoh pembelajaran yang terintegrasi antara madrasah dengan pondok; dan (4) belum banyaknya tamatan yang melanjutkan ke perguruan tinggi Agama jurusan keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa pembelajaran Fikih berbasis pondok pesantren yang dilaksanakan secara klasikal di kelas dan halakah di asrama. Untuk mencapai tujuan ini, penulis menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa tahap yaitu; Define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan) pada pembelajaran Fikih siswa kelas X MA KMM Kauman Padang Panjang. Adapun teknik analisis data terhadap hasil wawancara guru dan analisis kurikulum dilakukan dengan kualititatif, dan analisis hasil angket adalah dengan kuantitatif. Hasil ujicoba pengembangan model menunjukkan bahwa: (1) perlu pengembangan pembelajaran berbasis pondok pesantren; (2) pengembangan pembelajaran ini menuntut sistem pembelajaran yang dibagi kepada klasikal dan halakah; (3) terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran berbasis pesantren; (4) uji validasi menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Adapun kekhususan pengembangan pembelajaran ini dibandingkan dengan model-model lain adalah pembelajaran di kelas dan di asrama dilakukan secara terintegrasi. Pembelajaran di kelas menekankan peserta didik untuk menguasai konten materi yang ada sedangkan pembelajaran di asrama dengan sistem halakah mengarahkan peserta didik untuk menguasai empat keterampilan berbahasa Arab yaitu maharah al-istima‟, maharah al-qiraah, maharah al-kalam, dan maharah al-kitabah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:52
Last Modified: 13 Jun 2023 04:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item