Dukungan Partai Politik Pengusung Pasangan Calon Tunggal Benny Utama-Sabar AS Pada Pilkada Bupati/Wakil Bupati Pasaman Tahun 2020

Rini, Rini (2022) Dukungan Partai Politik Pengusung Pasangan Calon Tunggal Benny Utama-Sabar AS Pada Pilkada Bupati/Wakil Bupati Pasaman Tahun 2020. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Rini_1713040068_Cover dll - Rini.pdf - Published Version

Download (967kB)
[img] Text (BAB 1)
Rini_1713040068_Bab I - Rini.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB 2)
Rini_1713040068_Bab II - Rini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text (BAB 3)
Rini_1713040068_Bab III - Rini.pdf - Published Version

Download (997kB)
[img] Text (BAB 4)
Rini_1713040068_Bab IV - Rini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text (BAB 5)
Rini_1713040068_BAB V dan Daftar Pustaka Rini - Rini.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Rini_1713040068_Fulltext - Rini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini Dilatarbelakangi oleh Pilkada yang dimenangkan pasangan Benny Utama-Sabar AS melawan kotak kosong. Pada Pilkada tersebut pasangan calon tunggal Benny Utama-Sabar AS diusung oleh 8 partai politik. Peneliti tertarik ingin membahas bagaimana bentuk dukungan yang diberikan oleh 8 partai politik pengusung kepada pasangan Benny Utama-Sabar AS. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk dukungan partai politik pengusung pasangan calon tunggal Benny Utama-Sabar AS dalam meraih kemenangan pada pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman tahun 2020? Pertanyaan penelitian ada dua, yakni: Pertama, apa saja upaya partai politik pengusung dalam memenangkan pasangan calon tunggal Benny Utama-Sabar AS? Kedua, bagaimana proses munculnya Benny Utama-Sabar AS menjadi pasangan calon tunggal pada Pilkada Bupati/Wakil Bupati Pasaman? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari informan yaitu Kantor DPC/DPD partai politik pengusung dan KPU Kabupaten Pasaman melalui wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku, Undang-undang, jurnal- jurnal maupun skripsi yang berkaitan dengan pembahasan ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Upaya dan dukungan yang diberikan oleh masing-masing 8 partai politik pengusung pasangan calon tunggal Benny Utama-Sabar AS secara keseluruhan sama yaitu memberikan dukungan kursi dari partai untuk bersama-sama mengajukan calon Benny Utama-Sabar AS, membawa bakal calon tersebut ke DPP partai masing-masing untuk mendapatkan surat keputusan persetujuan dari pusat, mengadakan rapat konsolidasi eksternal maupun internal, menggerakkan mesin-mesin partai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat bawah agar masyarakat memilih Benny Utama-Sabar As, melakukan sosialisasi ke masyarakat, mengadakan pertemuan-pertemuan ke masyarakat. Kedua, Munculnya pasangan calon tunggal di Kabupaten Pasaman disebabkan karena 29 kursi sudah menyatakan dukungan atau 8 partai politik sudah mendukung Benny Utama-Sabar AS sementara sisanya Gerindra dan Hanura yang memiliki 6 kursi dan tidak bisa lagi mengusung pasangan baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:45
Last Modified: 12 Jun 2023 08:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item