Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Pemanfaatan Barang Jaminan Utang di Nagari Pematang Panjang kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Sanduski, Sanduski (2022) Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Pemanfaatan Barang Jaminan Utang di Nagari Pematang Panjang kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
SANDUSKI_1813040146_COVER - Sanduski Lubis.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
SANDUSKI_1813040146_BAB I - Sanduski Lubis.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (BAB 2)
SANDUSKI_1813040146_BAB II - Sanduski Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
SANDUSKI_1813040146_BAB III - Sanduski Lubis.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (BAB 4)
SANDUSKI_1813040146_BAB IV - Sanduski Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text (BAB 5)
SANDUSKI_1814040146_BAB V - Sanduski Lubis.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SANDUSKI_1813040146_ FULLTEXT - Sanduski Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya praktik utang piutang dengan pemanfaatan barang jaminan utang di Nagari Pematang Panjang Kecamatan Kotobalingka Kabupaten Pasaman Barat. Pertanyaan penelitian yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah: pertama: bagaimana praktik utang piutang di Nagari Pematang Panjang. Kedua: bagaimana respon orang yang berutang terhadap pemanfaatan barang jaminan utang di Nagari Pematang Panjang. Ketiga: bagaimana pandangan fiqh muamalah terhadap pemanfaatan barang jaminan utang di Nagari Pematang panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini: Pertama untuk mengetahui praktik utang piutang di Nagari Pematang Panjang. Kedua untuk mengetahui respon orang yang berutang terhadap pemanfaatan barang jaminan utang di Nagari Pematang Panjang. Ketiga untuk mengetahui pandangan fiqh muamalah terhadap pemanfaatan barang jaminan utang di Nagari pematang Panjang. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama adanya praktik utang piutang dengan pemanfaatan barang jaminan utang yang mana orang yang berutang menjaminkan kebun miliknya dan kemudian dimanfaatkan oleh pemberi utang. Kedua ada yang mengatakan pemanfaatan itu boleh tapi dalam keadaan terpaksa dan yang berutang tidak tahu pemanfaatan itu termasuk riba, dan ada juga yang mengatakan tidak boleh dimanfaatkan tapi dalam keadaan terpaksa menjaminkan barang jaminan tersebut dan yang berutang tahu pemanfaatan barang jaminan itu riba. Ketiga pemanfaatan barang gadai sebagai jaminan utang yang terjadi di Nagari Pematang Panjang ini adalah riba dan hukumnya adalah haram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:05
Last Modified: 12 Jun 2023 07:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item