Tinjauan Fiqh Siyasah Idariyah Dalam Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah)

Kurnia, Shinda Dwi (2022) Tinjauan Fiqh Siyasah Idariyah Dalam Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Pariaman Tengah). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Cover, dll - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version

Download (893kB)
[img] Text (BAB 1)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Bab I - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text (BAB 2)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Bab II - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text (BAB 3)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Bab III - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text (BAB 4)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Bab IV - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Bab v- Daftar Pustaka - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Shinda Dwi Kurnia_1813030073_Fulltext - Shinda Dwi Kurnia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Prakteknya kantor kelurahan jalan baru pariaman tengah masih belum menerapkan prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan publik, maka yang akan diprioritaskan dalam pelayanan publik ini adalah mereka yang mempunyai jabatan yang tinggi dan kenal orang yang berada di kantor kelurahan jalan baru. Pertanyaan penelitian ada tiga yakni: Pertama, Upaya pegawai kelurahan jalan baru dalam mewujudkan prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan publik?, Kedua, Faktor-faktor pendukung dan penghambat terselenggaranya prinsip-prinsip good governance dalam kualitas pelayanan publik di kantor kelurahan jalan baru pariaman tengah?, Ketiga, Tinjauan fiqh siyasah idariyah terhadap pelaksana prinsip-prinsip good governance di kantor kelurahan jalan baru pariaman tengah?. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari lurah jalan baru, bendahara jalan baru, sekretaris jalan baru, Kasubag umum pariaman tengah, pegawai pelayanan umum pariaman tengah, sekretaris karan aur, dan masyarakat dengan menggunakan teknik wawancara. Data sekunder di peroleh dari buku, jurnal, dan referensi lain. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama, upaya pegawai kelurahan jalan baru pariaman tengah dalam menerapkan prinsip- prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan publik yaitu Dengan penyusunan program pengembangan kualitas pegawai terhadap indikator kerja dan pencapaian target program dari kualitas pelayanan publik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat terselenggarannya prinsip-prinsip good governance terhadap pelayanan publik. Ketiga, berdasarkan tinjauan fiqh siyasah idariyah terhadap pelaksana prinsip-prinsip good governance di kantor kelurahan jalan baru yaitu berpedoman terhadap hukum islam administrasi Negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:47
Last Modified: 12 Jun 2023 06:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12709

Actions (login required)

View Item View Item