Model pembelajaran Khat Al-Qur’an berbasis cooperative learning pada pembinaan LPTQ di Sumatera Barat

Ade Setiawan, - (2021) Model pembelajaran Khat Al-Qur’an berbasis cooperative learning pada pembinaan LPTQ di Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_Cover dll..pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_BAB III.pdf - Published Version

Download (866kB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_BAB V.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
Ade Kurniawan_1820090021_S3_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ade Setiawan NIM.1820090021, “Model Pembelajaran Khat Al-Qur’an Berbasis Cooperative Learning pada Pembinaan LPTQ di Sumatera Barat”, Disertasi: Program doktoral pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2021. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah belum adanya model pembelajaran khat al-Quran yang standar yang bisa dijadikan acuan bagi para pelatih dan peserta dalam kegiatan pembinaan LPTQ di Sumatera Barat. Sementara LPTQ merupakan lembaga yang diberi tugas untuk menyelenggarakan pembinaan khat Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan secara faktual pembelajaran khat Al-Qur‟an yang dilaksanakan oleh LPTQ di Sumatera Barat pada setiap kegiatan pembinaan, 2) Mengembangkan desain model pembelajaran khat Al-Qur‟an berbasis cooperative learning pada pembinaan LPTQ di Sumatera Barat, dan 3) Menguji validitas, praktikalitas dan efektifitas dari pengembangan model pembelajaran khat Al-Qur‟an berbasis cooperative learning pada pembinaan LPTQ di Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and developmen (R&D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yang meliputi empat langkah yang lebih dikenal dengan 4D, yaitu define (pendefinisi), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Uji coba model dilakukan pada kegiatan pembinaan dan pelatihan LPTQ di Sumatera Barat. Diambil sebagai sampel LPTQ Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas eksperimen diambil dari kegiatan pembinaan LPTQ kota Padang panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini meliputi: Pertama, Secara faktual ditemukan sebuah model pembelajaran khat Al-Qur‟an kovensional yang diselenggarakan oleh LPTQ Sumbar. Model ini memiliki enam syntax yaitu : 1) Penyampaian tujuan dan motivasi, 2) Penjelasan materi dan tugas, 3) Peserta membuat karya secara mandiri, 4) Bimbingan dalam berkarya, 5) Pemajangan karya, dan 6) Evaluasi dan koreksi. Sistem sosial berupa interaksi pembelajaran dua arah, dengan prinsip reaksi guru menjadi satu- satunya sumber belajar. Sistem pendukung berupa buku elektronik khat dan karya master. Dampak penggiringnya menimbulkan sikap madiri dan individualistik, Kedua, ditemukan sebuah model pembelajaran khat Al-Qur‟an berbasis cooperative learning dengan enam syntax, yaitu: 1) Penentuan tugas-tugas (task analysis), 2) Penentuan pasangan (pair), 3) implementasi (implementation), 4) investigasi tim koreksi (expert correction), 5) produk (product), dan penghargaan (reward). Sistem sosialnya mengunakan interaksi multi arah, dengan prinsip reaksi guru sebagai fasilitator. Kegiatan pembelajaran didukung oleh buku panduan pembelajaran khat Al-Qur‟an yang berstandar. Dampak penggiringnya memunculkan sikap sosial dan budaya sharing. Ketiga, uji coba penggunaan model sangat valid, sangat praktis, dan model khat Al-Qur‟an berbasis cooperative learning efektif digunakan dalam pembelajaran khat Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran khat Al-Qur‟an, model cooperative learning, LPTQ Sumatera Barat
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:45
Last Modified: 12 Jun 2023 04:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item View Item