Jual Beli Diamond pada Game Online Free Fire Ditinjau dari Maqashid Syari’ah (Studi Kasus di Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Sumatera Utara)

Harahap, Taufik Ismail (2022) Jual Beli Diamond pada Game Online Free Fire Ditinjau dari Maqashid Syari’ah (Studi Kasus di Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Sumatera Utara). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Taufik Ismail_1713030077_Cover,dll - Taufik Ismail.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Taufik Ismail_1713030077_Bab I - Taufik Ismail.pdf - Published Version

Download (895kB)
[img] Text (Bab 2)
Taufik Ismail_1713030077_Bab II - Taufik Ismail.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Taufik Ismail_1713030077_Bab III - Taufik Ismail.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text (Bab 4)
Taufik Ismail_1713030077_Bab IV - Taufik Ismail.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Taufik Ismail_1713030077_Bab V-Daftar Pustaka - Taufik Ismail.pdf - Published Version

Download (710kB)
[img] Text (Fulltext)
Taufik Ismail_1713030077_Fulltext - Taufik Ismail.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tinjauan maqashid syari’ah terhadap jual beli diamond pada game online free fire. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah menganalisa jual beli diamond pada game online free fire ditinjau dari maqashid syari’ah (studi kasus di Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Sumatera Utara). Penelitian ini ada dua pertanyaan yaitu: (1) Bagaimana praktek jual beli diamond pada game online free fire di Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Sumatera Utara? (2) Bagaimana tinjauan maqashid syari’ah terhadap jual beli diamond pada game online free fire di Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Barat Sumatera Utara? Untuk menjawab persoalan tersebut. Maka penulis melakukan penelitian lapangan (field reseach). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode analisis data, untuk dapat menarik kesimpulan secara umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Praktek jual beli diamond dalam game online free fire di Desa Sitaratoit tergolong mudah. Cara transaksi dalam jual beli diamond dalam game online free fire ini yaitu pertama para gamers harus memiliki pulsa terlebih dahulu agar dapat membayar langsung diamond yang dibeli dengan harga dan jumlah diamond yang sudah tertera dalam ponsel, kemudian masukkan link pembelian diamond pada internet (codashop), masukkan id free fire yang ingin diisi diamondnya, lalu pilih berapa jumlah diamond yang dibeli, pada tampilan link tersebut sudah tertera jumlah dan harga diamond yang telah ditentukan dan langkah terakhir memilih cara metode pembayaran diamond yang dibeli. (2) Tinjauan maqashid syari’ah terhadap jual beli dimond pada game online free fire ini dilihat pada tingkatan pertama dharuriyat yaitu, dalam lima tujuan pokok syariat Islam rangka melindungi agama, jiwa, akal, keturunan dan harta dalam jual beli sudah tidak terpenuhi lagi. Seperti lalai terhadap kewajiban, akal sudah dipengaruhi oleh game online free fire dan menenggelamkan akal sehat ummat muslim bagi para gamers di Desa Sitaratoit, tidak menjaga hartanya hanya untuk membeli diamond free fire dan dari segi kemanfaatan benda juga membuat orang yang menggunakannya hanya mendapatkankan mudharat. Sesuai dengan kaidah fikih yaitu: رارضلاوررضلا, yang artinya “Tidak memudharatkan dan tidak dimudharatkan”, dan bertentangan dengan Q.s. al-Mu’minun ayat 3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:11
Last Modified: 12 Jun 2023 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item