Badampaan dan Bakasimahan dalam proses Pendistribusian Zakat Mal ditinjau dari Hukum Islam (Studi kasus di Kenagarian Tandikek Kec. Patamuan Kab. Padang Pariaman)

Prayoga, Trinalgi (2022) Badampaan dan Bakasimahan dalam proses Pendistribusian Zakat Mal ditinjau dari Hukum Islam (Studi kasus di Kenagarian Tandikek Kec. Patamuan Kab. Padang Pariaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
TRINALGI PRAYOGA NIM 1713030172 COVER,DLL - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Bab 1)
TRINALGi Prayoga nim 1713030172 BAB I - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text (Bab 2)
TRINALGI PRAYOGA Nim 1713030172 BAB II - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text (Bab 3)
TRINALGI PRAYOGA Nim 1713030172 BAB III - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (Bab 4)
Trinalgi Prayoga Nim 1713030172 BAB IV - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text (Bab 5)
TRINALGI PRAYOGA Nim 1713030172BAB V dan daftar pustaka - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (Fulltext)
TRINALGI PRAYOGA NIM 1713030172_Fulltext - Trinalgi Prayoga.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya pendistribusian zakat mal di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman yang dilakukan menurut warisan tradisi adat setempat. Untuk itu perlu dilakukan penelitian bagaimana tradisi pendistribusian zakat mal di nagari Tandikek kec. Patamuan Kab. Padang Pariaman ditinjau menurut hukum Islam. Pertanyaan penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana latar belakang tradisi pendistribusian zakat mal di Nagari Tandikek? Kedua, bagaimana pandangan tokoh Agama dan tokoh masyarakat terhadap pendistribusian zakat mal di Nagari Tandikek? Ketiga, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pendistribusian zakat mal di Nagari Tandikek? Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara kepada pihak yang terkait. Selanjutnya data yang penulis peroleh dianalisis secara deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis berkesimpulan: Pertama, pendistribusian zakat mal di Kenagarian Tandikek dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu Badampaan artinya zakat diberikan kepada masyarakat yang hadir melalui perantara Urang Siak, cara kedua Bakasimahan, muzakki langsung membagikan zakat-nya kepada penerima zakat, tanpa melihat masyarakat tersebut termasuk kepada Asnaf 8 (delapan) atau bukan, tradisi pendistribusian yang terjadi di Nagari Tandikek dilatar belakangi oleh adat kebiasaan nenek moyang yang melakukan pendistribusian zakat mal dengan cara mengundang masyarakat terutama orang-orang terdekat untuk melakukan doa syukuran dan sekaligus sebagai penerima zakat mal. Kedua, menurut padangan tokoh Agama yang telah diwawancarai bahwa pendistribusian zakat seperti ini memang tidak sah dilakukan karena tidak sesuai dengan ajaran Islam, namun untuk merubah kebiasaan lama harus membutuhkan waktu panjang karena melibatkan masyarakat. Ketiga, berdasarkan kajian hukum Islam Badampaan dan Bakasimahan dalam proses pendistribusian zakat mal di Kenagarian Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman belum sesuai dengan Hukum Islam karena, pendistribusian zakat mal tersebut tidak didistribusikan kepada Asnaf 8 (delapan) namun hanya berdasarkan kepada Adat Kebiasaan masyarakat setempat yang telah turun temurun sejak dahulu atau disebut dengan ‘Urf Fasid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat Mal
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:28
Last Modified: 08 Jun 2023 08:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item View Item