Penetapan Isbat Nikah Setelah Cukup Umur di Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau

Putra, Erdes (2022) Penetapan Isbat Nikah Setelah Cukup Umur di Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
cover plus daftar isi - Erdes Putra.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1 - Erdes Putra.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2 - Erdes Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3 - Erdes Putra.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4 - Erdes Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5 - Erdes Putra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Fultext - Erdes Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pasangan di bawah umur yang sudah melakukan pernikahan siri kemudian memiliki anak dan setelah pasangan tersebut sudah cukup umur mereka datang ke Pengadilan Agama untuk melakukan isbat nikah dengan tujuan agar pernikahan mereka tercatat secara hukum. Terdapat empat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa faktor yang melatarbelakangi terjadinya isbat nikah setelah cukup umur dikalangan masyarakat Pangkalan Indarung, bagaimana proses isbat nikah bagi pasangan yang telah cukup umur pada masyarakat Pangkalan Indarung, apa alasan hakim megabulkan isbat nikah setelah cukup umur pada masyarakat Pangkalan Indarung dan apa akibat hukum terhadap isbat nikah setelah cukup umur di Desa Pangkalan Indarung. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Adapun hasil dari penelitian ini ialah: yang pertama faktor yang melatarbelakangi terjadinya isbat nikah setelah cukup umur di Kalangan masyarakat Pangkalan Indarung yaitunya karena banyaknya masyarakat yang melakukan pernikahan siri. Kedua, proses isbat nikah bagi pasangan yang telah cukup umur pada masyarakat Pangkalan Indarung ialah dengan mengajukan isbat nikah ke Pengadilan Agama. Ketiga, alasan hakim megabulkan isbat nikah setelah cukup umur bagi masyarakat Pangkalan Indarung ialah untuk keberlangsungan urusan pasangan dalam kehidupan bernegara. Keempat, akibat hukum dari isbat nikah setelah cukup umur tersebut adalah disahkannya pernikahan yang telah terjadi sebelumnya oleh hakim, sehingga mereka mendapatkan bukti autentik berupa akta nikah, yang mana bukti autentik ini bisa mereka gunakan untuk keperluan hidup yang legal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:27
Last Modified: 08 Jun 2023 08:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item