Pelaksanaan Pembatalan Pinangan Pada Adat Masyarakat Nagari Batu Manjulur Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung Dalam Perspektif ‘Urf

Putri, Veby Rahmah (2022) Pelaksanaan Pembatalan Pinangan Pada Adat Masyarakat Nagari Batu Manjulur Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung Dalam Perspektif ‘Urf. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Veby Rahmah Putri_1613010049_Cover,DLL - Veby rahma Putri.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Veby Rahmah Putri_1613010049_BAB I - Veby rahma Putri.pdf - Published Version

Download (850kB)
[img] Text (Bab 2)
Veby Rahmah Putri_1613010049_BAB II - Veby rahma Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Veby Rahmah Putri_1613010049_BAB III - Veby rahma Putri.pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text (Bab 4)
Veby Rahmah Putri_1613010049_BAB IV - Veby rahma Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text (Bab 5)
Veby Rahmah Putri_1613010049_ BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Veby rahma Putri.pdf - Published Version

Download (892kB)
[img] Text (Fulltext)
Veby Rahmah Putri_1613010049_full text - Veby rahma Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah adanya ketentuan adat di Nagari Batu Manjulur tentang pembatalan pinangan yang mengakibatkan mengembalikan barang yang ditukarkan pada saat peminangan dan menyembelih kambing. Pertanyaan penelitian adalah : (1) Apa latar belakang timbulnya ketentuan adat tentang akibat pembatalan pinangan pada masyarakat Nagari Batu Manjulur? (2) Apa alasan pembatalan pinangan pada masyarakat Nagari Batu Manjulur? (3) Bagaimana perspektif ‘urf tentang pelaksanaan pembatalan pinangan pada adat masyarakat Nagari Batu Manjulur? Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas dilakukan penelitian lapangan (field research) dengan metode wawancara terhadap tokoh masyarakat dan pelaku yang membatalkan pinangan. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan: (1) Latar belakang timbulnya ketentuan adat tentang akibat pembatalan pinangan pada masyarakat Nagari Batu Manjulur ini, karena sebelum adanya ketentuan adat mengenai pembatalan pinangan, pembatalan pinangan dilakukan dengan sesuka hati para pihak dan pemuka adat tidak dihargai karena tidak ada mufakat bersama untuk menyelesaikan pembatalan pinangan. (2) Alasan pembatalan pinangan pada masyarakat Nagari Batu Manjulur ada dua faktor. Faktor yang pertama yaitu dari diri pasangan itu sendiri. Faktor yang kedua yaitu dari keluarga. (3) Perpektif ‘urf terhadap ketentuan adat apabila terjadi pembatalan pinangan yang mengakibatkan pihak yang membatalkan pinangan mengembalikan barang yang ditukarkan pada saat peminangan termasuk kepada ‘urf shahih. Ketentuan adat tentang pembatalan pinangan yang mengakibat menyembelih kambing untuk dimakan bersama termasuk kepada ‘urf shahih karena mengandung kemaslahatan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:52
Last Modified: 08 Jun 2023 07:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item