DAMPAK COVID -19 TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR NIAGA DAYA (PND) DI NAGARI KUDO-KUDO INDERAPURA KECAMATAN PANCUNG SOAL

BAMBANG TRIMIRZAL, BAMBANG (2022) DAMPAK COVID -19 TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR NIAGA DAYA (PND) DI NAGARI KUDO-KUDO INDERAPURA KECAMATAN PANCUNG SOAL. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Bambang Trimirzal_1713060299_Cover, dll - Bambang Trimirzal.pdf - Published Version

Download (746kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Bambang Trimirzal_1713060299_Fulltext - Bambang Trimirzal.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “ Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Niaga Daya (PND) di Nagari Kudo-Kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal” disusun oleh Bambang Trimirzal, NIM. 1713060299 Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Dalam penelitian ini penulis menyajikan sebuah penelitian empiris tentang bagaimana perbedaan pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND) di Nagari Kudo- kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal sebelum dan saat terjadinya pandemi covid-19. Coronavirus disease merupakan fenomena yang sedang dihadapi oleh negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Dengan adanya virus covid-19 yang penyebarannya begitu cepat sehingga menimbulkan kecemasan di dalam kehidupan sosial masyarakat selain itu pemerintah membuat kebijakan-kebijakan seperti Social Distancing, PSBB, Lockdown, WFH dan yang menyebabkan terbatas kegiatan masyarakat di luar rumah begitupun larangan untuk menjauhi kerumunan yaitu sebagai upaya pemerintah untuk mencegah penularan virus covid-19. Akibatnya terganggu aktivitas masyarakat di luar rumah disaat pandemi covid-19, tentu hal ini akan berdampak terhadap pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND). Oleh sebab itu penulis ingin mengetahui bagaimanakah dampak pandemi covid-19 terhadap pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi covid-19 terhadap pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND) dengan menggunakan uji Paired sampel t-Test sebagai alat analisis dibantu dengan menggunakan perangkat SPSS.20.0 Hasil penelitian di dapatkan bahwa dari 65 pedagang pasar niaga daya (PND) yang dijadikan sampel di Nagari Kudo-kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal. Hal ini di buktikan dengan hasil analisis statistik melalui Uji Paired t- test. Dimana dalam penelitian ini melihat perbedaan pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND) sebelum dan pada saat adanya pandemi covid-19 di Nagari Kudo-Kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal. Pendapatan pedagang pasar niaga daya ( PND ) dalam hal memiliki memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil < 0,05. Dimana terlihat rata-rata pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND) di Nagari Kudo-Kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal sebelum pandemi covid-19 adalah sebesar Rp8.264.615,38. Sedangkan untuk nilai pendapatan pedagang pasar niaga daya (PND) di Nagari Kudo-Kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal pada saat pandemi covid-19 adalah sebesar Rp6.240.000,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:56
Last Modified: 13 Jun 2023 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item