Nilai-Nilai Filosofis Maepang Kampuang dalam Tradisi Baralek di Nagari Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Novia, Novia (2022) Nilai-Nilai Filosofis Maepang Kampuang dalam Tradisi Baralek di Nagari Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version

Download (715kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang “Nilai-Nilai Filosofis Maepang Kampuang Dalam Tradisi Baralek Di Nagari Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok” disusun oleh Novia, Nim:1715020073 Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang 2021. Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apa makna filosofis Camin Alek dalam tradisi Maepang Kampuang, (2) apa makna filosfis eksistensi ninik mamak dalam tradisi Maepang Kampuang, (3) apa makna filosofis musyawarah dalam tradisi Maepang Kampuang, (4) apa makna hidangan dalam tradisi Maepang Kampuang. Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis menggunakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan sifat deskriptif yaitu menjelaskan fenomena secara akurat yang diditemukan di lapangan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Simber data Primer terdiri dari Ninik mamak, Tokoh agama, dan bundo kanduang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama Camin Alek bahwa memiliki nilai filosfis yaitu wanita yang dituakan sebagai tempat untuk bertanya dalam sebuah acara baralek agar tidak terjadi kesalahan, kedua, ninik mamak memiliki peran bahwa memberikan arahan kepada kemenakan, memberikan izin baralek dan memberikan nasehat kepada kemenakan, ketiga filosfis musyawarah dalam Maepang Kampuang agara mendapat kata mufakat, dan yang keempat makna hidangan dalam maepang kampuang menyediakan makanan tradisional seperti sipiluik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Zulfitri Zulfitri
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:53
Last Modified: 08 Jun 2023 03:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item