PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus: ASN UIN UIN Imam Bonjol Padang

AMNAH SARI, AMNAH (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus: ASN UIN UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (FULL TEXT)
16. AMNAH SARI_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

udul Skripsi ini adalah “Pengaruh Kulaitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus: ASN UIN Imam Bonjol Padang)” disusun oleh Amnah Sari, NIM 1816050040 Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Kualitas layanan jasa elektronik menurut Passuraman merupakan sebuah aplikasi atau website yang efektif dan efisien dalam memfasilitasi masyarakat untuk menggunakan layanan online. Menurut Archand, Promtep, dan Brun kualitas layanan Mobile Banking adalah penilaian nasabah secara keseluruhan terhadap kualitas dan keunggulan konten yang tersedia dalam aplikasi m-banking tersebut. Ada beberapa dimensi dalam mengukur kualitas layanan m-banking yaitu, kenyamanan dalam menggunakan, keamanan, kemudahan, desain, dan sistem aplikasi. Sedangkan kepuasan nasabah Menurut pendapat Philip Kotler, merupakan perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang muncul setelah membandingkan suatu produk ataupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia terhadap kepuasan nasabah. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapat langsung dari jawaban 88 responden yang merupakan ASN UIN Imam Bonjol Padang sebagai nasabah pengguna mobile banking BSI. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel kualitas layanan mobile banking memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah dari hasil uji hipotesis atau uji t nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari pada 0,05. Dari persamaan regresi linier sederhana koefisien regresi X sebesar 0,518 yang menyatakan bahwa jika kualitas layanan mobile banking (X) mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka kepuasan nasabah (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,518 atau 51,8%. Pada Uji Koefisien determinasi R-Square pengaruh kualitas layanan mobile banking (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) adalah sebesar 0,713=71,3% dan sisanya 28,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain kualitas layanan yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:00
Last Modified: 13 Jun 2023 04:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12660

Actions (login required)

View Item View Item