Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Utang Piutang Emas Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Afriadi, Weki (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Utang Piutang Emas Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
WEKI AFRIADI-1813040140_COVER DLL - Weki Afriadi.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (Bab 1)
WEKI AFRIADI_1813040140_BAB I_ - Weki Afriadi.pdf - Published Version

Download (879kB)
[img] Text (Bab 2)
WEKI AFRIADI_1813040140_BAB II - Weki Afriadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text (Bab 3)
WEKI AFRIADI_1813040140_BAB III - Weki Afriadi.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text (Bab 4)
WEKI AFRIADI_1813040140_BAB IV - Weki Afriadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text (Bab 5)
WEKI AFRIADI_1813040140_BAB V - Weki Afriadi.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (Fulltext)
WEKI AFRIADI_1813040140_FULLTEXT - Weki Afriadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana praktik utang piutang emas yang dilakukan masyarakat Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Yang menjadi pertanyaan penelitian yaitu pertama, Bagaimana Pelaksanaaan Utang Piutang Emas Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan? Kedua, Apa Penyebab Masyarakat Melakukan Utang Piutang Yang Ada Kelebihan Pembayaran Dengan Beras Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan? Ketiga, bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Utang Piutang Emas Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan penelitian lapangan terhadap Muqridh dan Muqtaridh yang melakukan utang piutang sebagai informan penelitian. Pemilihan informan penelitian menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah adalah analisis kualitatif pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan pelaksanaan utang piutang emas yang dilakukan masyarakat di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan yaitu ada kelebihan pembayaran dengan beras setiap peminjaman emas. Jika berhutang satu emas maka dibayarkan dengan satu emas dan ditambah dengan 20 sukat beras. Alasan yang menyebabkan masyarakat melakukan utang piutang emas Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan tersebut karena faktor ekonomi, tata cara berhutang mudah. Adapun alasan pemberi hutang meminta kelebihan pembayaran yaitu sebagai ucapan terima kasih, ingin mendapat keuntungan dan pengetahuan masyarakat tentang prinsip utang piutang menurut islam kurang. Sedangkan tinjauan Hukum Islam terhadap praktik utang piutang emas masyarakat Di Nagari Sako Selatan Pasia Talang Selatan Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan yang disyaratkan tambahan pembayaran oleh pemberi hutang (muqridh) adalah riba nasiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:20
Last Modified: 07 Jun 2023 08:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item