STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI CAROCOK PAINAN SEBAGAI WISATA HALAL

NANI SUMIYATI, NANI (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI CAROCOK PAINAN SEBAGAI WISATA HALAL. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Nani Sumiyati_1816030009_Cover, dll - Renata Regita Harahap 0026.pdf - Published Version

Download (544kB)
[img] Text (BAB I)
Nani Sumiyati_1816030009_Bab 1 - Renata Regita Harahap 0026.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (BAB III)
Nani sumiyati_1816030009_Bab 3 - Renata Regita Harahap 0026.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
Nani Sumiyati_1816030009_Bab 5-Daftar Pustaka - Renata Regita Harahap 0026.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Nani Sumiyati_1816030009_Fulltext - Renata Regita Harahap 0026.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PRODUK)
Nani Sumiyati_1816030009_Produk - Renata Regita Harahap 0026(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Carocok Painan Sebagai Wisata Halal” disusun oleh Nani Sumiyati, NIM 1816030009 Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Konsep syariah saat ini telah menjadi tren dalam ekonomi global mulai dari makanan, minuman, keuangan, gaya hidup sampai industri pariwisata. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan wisata halal kelas dunia. Destinasi tersebut berada disalah satu Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Pantai Carocok Painan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis faktor internal dan eksternal serta strategi pengembangan pariwisata Pantai Carocok Painan sebagai wisata halal. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei dan wawancara kepada para wisatawan, pedagang, dan pengelola objek wisata Pantai Carocok Painan. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pimer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk membantu perumusan strategi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa menurut analisis matriks IFAS, objek wisata Pantai Carocok Painan memiliki delapan kekuatan dan empat kelemahan. Faktor kekuatan terbesar bagi objek wisata ini terletak pada lokasi yang strategis. Sedangkan kelemahan terbesarnya adalah kurangnya jumlah toilet. Selisih antara faktor kekuatan dan kelemahan sebesar +0,49. Sedangkan hasil analisis terhadap matriks EFAS menghasilkan lima faktor peluang dan empat faktor ancaman. Faktor peluang terbesar bagi objek wisata Pantai Carocok Painan yaitu telah dicanangkan sebagai wisata halal. Sedangkan ancaman terbesarnya terletak pada kebijakan pembatasan kegiatan dari pemerintah. Selisih antara faktor peluang dan ancaman sebesar -0,24. Strategi yang dapat digunakan oleh objek wisata Pantai Carocok Painan berdasarkan analisis IFAS dan EFAS, menempatkan objek wisata Pantai Carocok Painan pada kuadran II. Posisi ini membuktikan bahwa objek wisata yang kuat namun menghadapi sejumlah ancaman yang besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:21
Last Modified: 14 Jun 2023 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item