Jual Beli Ikan Hasil Pancingan di Bagan Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Kenagarian Carocok Anau Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan)

Hakim, Weliv Dikri (2022) Jual Beli Ikan Hasil Pancingan di Bagan Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Kenagarian Carocok Anau Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
WELIV DIKRI HAKIM-1713030174- COVER 21 - We_live Dikri.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
Weliv Dikri Hakim_ 1713030174_ Bab 1_ - We_live Dikri.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (Bab 2)
Weliv Dikri Hakim_ 1713030174_ Bab 2_ - We_live Dikri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text (Bab 3)
Weliv Dikri Hakim_ 1713030174_ Bab 3_ - We_live Dikri.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text (Bab 4)
Weliv Dikri Hakim_ 1713030174_ Bab 4_ - We_live Dikri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text (Bab 5)
Weliv Dikri Hakim_ 1713030174_ Bab 5_ - We_live Dikri.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Fulltext)
WELIV DIKRI HAKIM-1713030174- FULL TEXT - We_live Dikri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh ikan hasil pancingan yang dijual oleh anak bagan di Kenagarian Carocok Anau Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Ikan yang dipancing merupakan ikan yang berada di laut lepas yang dapat dimiliki dan dikuasai oleh setiap manusia, namun ada perbedaan pendapat dalam menyikapi kepemilikan ikan yang dipancing, yaitu anak bagan yang memancing dengan alat pancing sendiri yang dibawa dari rumah, tetapi dalam waktu bekerja dengan pemilik bagan, dengan memakai modal dan kapal pemilik bagan, meskipun dalam praktiknya kedua pihak yaitu pemilik bagan dan anak bagan tidak pernah mempermasalahkan ikan tersebut karena itu sudah menjadi kebiasaan yang sudah berlaku dalam masyarakat nelayan setempat yang bekerja dengan pemilik bagan. Masalah dalam skripsi ini adalah ikan hasil pancing tersebut dijual untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Pertanyaan penelitian ada tiga, yakni: 1) Apa faktor anak bagan menjual ikan hasil pancingan di bagan Kenagarian Carocok Anau Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan? 2) Bagaimana pendapat pemilik kapal terhadap penjualan ikan hasil pancingan? 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kepemilikan ikan yang dijual oleh anak bagan dari hasil pancingan di bagan di Kenagarian Carocok Anau Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengambilan data lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa penyebab anak bagan menjual ikan hasil pancing sebagai berikut. 1) untuk memenuhi agar meringankan beban keluarga. 2) Pendapat pemilik kapal terhadap ikan hasil pancing yang dijual oleh anak bagan berbeda pendapat, ada yang mengatakan bahwa kepemilikan ikan tersebut masih milik pemilik kapal karena semua fasilitas dari pemilik kapal dan ada juga yang mengatakan tidak tahu kepemilikan ikan tersebut, karena menggunakan alat pancing anak bagan sendiri. 3) Menurut tinjauan hukum Islam terhadap ikan hasil pancing yang dijual oleh anak bagan di Kenagarian Carocok Anau Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan hukumnya adalah boleh karena pemilik kapal sudah merelakan ikan tersebut untuk dikuasai oleh anak bagan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:01
Last Modified: 07 Jun 2023 08:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item