Campur Tangan Orang Tua Terhadap Urusan Rumah Tangga Anaknya di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan

Wahyuana, Werici (2022) Campur Tangan Orang Tua Terhadap Urusan Rumah Tangga Anaknya di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
werici_1713010074_coverdllI - Werici Wahyuana.pdf - Published Version

Download (714kB)
[img] Text (Bab 1)
Werici Wahyuana 1713010074 BAB I - Werici Wahyuana.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Bab 2)
Werici Wahyuana 1713010074 BAB II - Werici Wahyuana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text (Bab 3)
Werici Wahyuana 1713010074 BAB III - Werici Wahyuana.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Bab 4)
Werici Wahyuana 1713010074 BAB IV - Werici Wahyuana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text (Bab 5)
Werici Wahyuana 1713010074 BAB V DAFTAR PUSTAKA - Werici Wahyuana.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Fulltext)
werici_1713010074-fullteks - Werici Wahyuana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya campur tangan orang tua terhadap rumah tangga anaknya sehingga adanya ketidak harmonisan antara suami dan istri dalam rumah tangga anaknya. Orang tua yang menjadi sumber masalah dalam rumah tangga anaknya, menyebabkan keluarga anak berantakan, bahkan sampai bercerai. Karena seharusnya urang tua membantu anak- anaknya mewujudkan kehidupan sakinah, mawaddah, warahmah, namun dalam kasus yang diteliti ini justru orang tua yang ikut campur sehingga menyebabkan ketidak harmonisan dalam rumah tangga anaknya. Pertanyaan penelitian adalah 1. Apa yang menyebabkan orang tua ikut campur dengan urusan rumah tangga anak dan menantunya? 2. Bagaimana dampak rumah tangga anak menantu terhadap orang tua ikut campur dengan urusan rumah tangga? 3. Bagaimana pandangan niniak mamak dan tokoh agama terhadap orang tua yang ikut campur dengan rumah tangga anaknya?, untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut maka penulis menggunakan Jenis penelitian lapangan, adapun Sumber data yang digunakan yaitu: 1. Primer, data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti menggunakan sistem wawancara dan dokumentasi 2. Data sekunder yaitu data penelitian yang diperoleh dari buku-buku dan jurnal 3. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara yaitu dengan tanya jawab yang dilakukan oleh penulis dengan mengajukan beberapa pertanyaan langsung kepada narasumber 4. Teknik analisa data dengan menyederhanakan dan mengelompokkan data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif yaitu cara mengolah data yang dirumuskan dalam kata-kata atau kalimat. Hasil penelitian ini adalah 1. Penyebab orang tua ikut campur dengan urusan rumah tangga anak dan menantunya, a). Orang tua tidak ingin anaknya kekurangan ekonomi dalam kehidupan rumah tangga anaknya, b). Rumah tangga anaknya belum dikaruniai keturunan, sehingga orang tua meminta anaknya untuk menikah lagi dan menceraikan istrinya. Karena dampak orang tua ikut campur dengan urusan rumah tangga anak dan menantunya adalah tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga, tidak adanya privasi antara suami istri, hilanganya rasa percaya antara suami istri dan rusaknya rumah tangga anak sampai berujung pada perceraian, 2. Pandangan niniak mamak dan tokoh agama terhadap orang tua yang ikut campur dengan rumah tangga anaknya adalah suatu hal yang tidak wajar karena orang tua seharusnya menjadi pendamping atau penengah dari keluarga anak jika ada masalah di dalam keluarga anak bukan malah ikut campur yang menyebabkan anaknya bercerai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:53
Last Modified: 07 Jun 2023 07:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item View Item