Larangan Adat Nikah Satu Kaum ditinjau Dari Al-Urf (Studi Kasus: Di Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko, Bengkulu)

Nodella, Winta (2022) Larangan Adat Nikah Satu Kaum ditinjau Dari Al-Urf (Studi Kasus: Di Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko, Bengkulu). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Winta Nodella_1713010033_Cover, dll - Winta Nodella.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Winta Nodella_1713010033_BAB I - Winta Nodella.pdf - Published Version

Download (761kB)
[img] Text (Bab 2)
Winta Nodella_1713010033_BAB II - Winta Nodella.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Winta Nodella_1713010033_BAB III - Winta Nodella.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (Bab 4)
Winta Nodella_1713010033_BAB IV - Winta Nodella.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text (Bab 5)
Winta Nodella_1713010033_BAB V-Daftar Pustaka - Winta Nodella.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (Fulltext)
Winta Nodella_1713010033_Fulltext - Winta Nodella.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Produk)
Winta Nodella_1713010033_Produk - Winta Nodella.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masyarakat yang melanggar aturan adat yaitu karena masyarakat yang melakukan nikah satu kaum ini terjadi dikarena sudah terlanjur suka hingga akhirnya memutuskan untuk menikah, dikarenakan adat melarang keras untuk menikah dari kaum yang sama, sehingga kedua pasangan ini melaksanakan nikahnya di tempat rantauan. Dalam penelitian ini dinamakan dengan larangan adat nikah satu kaum, yaitu adat melarang menikah dari kaum yang sama, maka apabila pernikahan itu terjadi akan mendapatkan konsekuensinya dari adat. Penulis meneliti tentang bagaimanakah larangan adat nikah satu kaum ditinjau dari Al-’Urf di Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko Bengkulu. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengenai faktor-faktor munculnya larangan nikah satu kaum di Desa Pasar Bantal, dan mengenai mekanisme aturan pelarangan nikah satu kaum serta mengenai tinjauan Al-’Urf terhadap larangan nikah satu kaum di Desa Pasar Bantal. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang ditinjau di lapangan dengan mengumpulkan data-data dengan cara turun langsung ke lapangan. Sumber data yang penulis gunakan yaitu sumber data sekunder dan primer. Dalam mengelola data, penulis menganalisis dengan menggunakan teknik wawancara. Analisa dalam penelitian larangan adat nikah satu kaum ditinjau dari Al-’Urf di Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko Bengkulu, yaitu bahwa adat memasukkan kaum dalam syarat pernikahan, sehingga pasangan yang melaksanakan pernikahan di Desa Pasar Bantal harus mencari pasangan diluar kaumnya. Larangan adat nikah satu kaum ditinjau dari al- ’urf ini termasuk ke dalam ‘urf shahih karena adanya unsur kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:08
Last Modified: 07 Jun 2023 07:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12622

Actions (login required)

View Item View Item