STRATEGI PELAKU USAHA DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI SAAT PANDEMI (Studi Kasus Pelaku Usaha Sekitar RSUD Sijunjung)

ZURAIDA, ZURAIDA (2022) STRATEGI PELAKU USAHA DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI SAAT PANDEMI (Studi Kasus Pelaku Usaha Sekitar RSUD Sijunjung). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Zuraida_1713060173_Cover,dll - zuraida reda.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB I)
Zuraida_1713060173_BAB I - zuraida reda.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
Zuraida_1713060173_BAB III - zuraida reda.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (BAB V)
Zuraida_1713060173_BAB V - zuraida reda.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Zuraida_1713060173_Fulltext - zuraida reda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Strategi Pelaku Usaha dalam Mempertahankan Keberlangsungan Usaha Di Saat Pandemi (Studi Kasus Pelaku Usaha Sekitar RSUD Sijunjung)” disusun oleh Zuraida, Nim. 1713060173 Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Pandemi Covid-19 banyak membawa perubahan pada usaha yang dijalankan. Diantaranya menurunnya pendapatan bahkan sulit untuk bertahan. Beda halnya dengan pelaku usaha sekitar RSUD Sijunjung yang masih mampu mempertahankan usahanya agar tetap berjalan dengan berbagai cara dan strategi yang digunakan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah dampak Covid-19 terhadap pelaku usaha sekitar RSUD Sijunjung dan bagaimanakah strategi pelaku usaha sekitar RSUD Sijunjung dalam mempertahankan keberlangsungan usaha disaat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi dengan pelaku usaha sekitar RSUD Sijunjung. Sedangkan teknik analisis data dilakukan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap pelaku usaha sekitar RSUD Sijunjung. Dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaku usaha sektor makanan masih pada level sedang, dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaku usaha sektor jasa, layanan komunikasi dan peralatan rumah tangga masih pada level ringan dan dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaku usaha sektor kesehatan atau obat-obatan memberikan dampak yang positif. Strategi yang dilakukan pelaku usaha sekitar RSUD Sijunjung dalam mempertahankan keberlangsungan usaha disaat pandemi tergolong kepada strategi tingkat bisnis. Jadi berdasarkan strategi bisnis yang diterapkan itu makanya pelaku usaha di sekitar RSUD Sijunjung masih bisa bertahan sampai saat sekarang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:46
Last Modified: 20 Jun 2023 02:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item