PENGARUH PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Arah Tiga, Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko)

YUSI MONIKA, YUSI (2022) PENGARUH PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Arah Tiga, Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
YUSI_1713060048_COVER,DLL - Yusi Monika.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (BAB I)
YUSI_1713060048_BAB I - Yusi Monika.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
YUSI_1713060048_BAB III - Yusi Monika.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (BAB V)
YUSI_1713060048_BAB V,DAFTAR PUSTAKA - Yusi Monika.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (FULL TEXT)
YUSI_1713060048_FULLTEXT - Yusi Monika.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Pendapatan dan Pendidikan Terhadap Literasi Keuangan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Arah Tiga, Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko)” disusun oleh Yusi Monika, Nim 1713060048 Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Literasi keuangan menjadi salah satu hal yang dapat membantu kehidupan masyarakat menjadi kehidupan yang sejahtera. Hal tersebut terjadi karena dengan literasi keuangan yang baik dapat mendukung pengelolaan keuangan yang tepat. Selain itu, pentingnya literasi keuangan selain dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat Indonesia, juga dapat menjadi kontrol dalam keluarga agar pendapatan dan pengeluaran dalam rumah tangga dapat terkontrol dengan baik. Literasi keuangan berhubungan dengan pendapatan dan pendidikan karena Pendapatan dan pendidikan merupakan faktor yang mempengaruhi literasi keuangan seseorang. Selain itu, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan dalam mengelola keuangan dengan baik, tingginya tingkat pendidikan akan membantu seseorang dalam mengumpulkan kekayaan pribadi dan paham akan cara mengelola kekayaan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pendapatan terhadap literasi keuangan masyarakat Desa Arah Tiga dan bagaimana pengaruh pendidikan terhadap literasi keuangan masyarakat Desa arah Tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan pendidikan terhadap literasi keuangan masyarakat. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, karena teknik pengumpulan datanya diperoleh dari kuesioner dan wawancara atau sumber data primer. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 87 responden.Penelitian ini mengunakan analisis regresi linear berganda dengan dibantu mengunakan perangkat SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendapatan memiliki pengaruh positif terhadap literasi keuangan dengan nilai signifikan pendapatan sebesar 0,020< dari 0,05. (2) pendidikan memiliki pengaruh positif terhadap literasi keuangan dengan nilai signifikan sebesar 0,044< dari 0,05. Pengujian asumsi klasik normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas tidak ada masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:40
Last Modified: 20 Jun 2023 02:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item