PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, EARNING PER SHARE DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM (studi empiris pada perusahaan subsektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang listing di BEI tahun 2015-2020)

YUNI YUSTIKA ROZA, YUNI (2022) PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, EARNING PER SHARE DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM (studi empiris pada perusahaan subsektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang listing di BEI tahun 2015-2020). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
YuniYustikaRoza_1513060091_Cover,dll - yuni yustika.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (BAB I)
YuniYustikaRoza_1513060091_Bab1 - yuni yustika.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
YuniYustikaRoza_1513060091_Bab3 - yuni yustika.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
YuniYustikaRoza_1513060091_Bab5-DaftarPustaka - yuni yustika.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
YuniYustikaRoza_1513060091_Fulltext - yuni yustika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Economic Value Added Terhadap Return Saham (studi empiris pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang listing di BEI tahun 2015-2020)” yang ditulis oleh Yuni Yustika Roza, Nim 1513060091. Prodi ekonomi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2022. Banyak faktor yang mempengaruhi return saham, diantaranya adalah informasi yang bersifat fundamental maupun teknikal. Faktor fundamental adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam perusahaan yang mengeluarkan saham itu sendiri (emiten). Apabila perusahaan yang mengeluarkan saham dalam kondisi yang baik kinerjanya, harga saham cenderung akan meningkat dan apabila harga saham meningkat maka return yang diterima juga meningkat. Hal ini disebabkan kepercayaan investor kepada emiten semakin baik, investor mempunyai harapan akan memperoleh bagian keuntungan atau dividen yang besar. Faktor-faktor yang mempengaruhi return saham dalam penelitian ini adalah debt to equity ratio, earning per share dan economic value added. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh data sekunder yaitu laporan keuangan perusahan subsektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2015- 2020 yang berjumlah 7 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS v20. Dimana return saham sebagai variabel dependen dan Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), dan Economic Value Added (EVA) sebagai variabel independen. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Hal ini menandakan setiap peningkatan satuan DER akan meningkatkan return saham pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga sebesar 1,52 dan berpengaruh signifikan. Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Sedangkan Economic Value Added (EVA) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:35
Last Modified: 20 Jun 2023 02:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item