Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pemasangan Sambung Bulu Mata (eyelash extension) dalam Undang- Undang No 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan

Lovita, Sonia (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pemasangan Sambung Bulu Mata (eyelash extension) dalam Undang- Undang No 8 Tahun 1999 dan Hukum Islam di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Sonia Lovita_1813040041_Cover, dll - Sonia Lovita.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (BAB 1)
Sonia Lovita_1813040041_BAB I - Sonia Lovita.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
Sonia Lovita_1813040041_BAB II - Sonia Lovita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text (BAB 3)
Sonia Lovita_1813040041_BAB III - Sonia Lovita.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
Sonia Lovita_1813040041_BAB IV - Sonia Lovita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
Sonia Lovita_1813040041_BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Sonia Lovita.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Sonia Lovita_1813040041_Fulltext - Sonia Lovita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh banyaknya pelaku usaha yang membuka jasa sambung bulu mata di Kecamatan Pancung Soal dan beberapa konsumen yang mengeluh setelah pemasangan sambung bulu mata di tempat tersebut. Adapun pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana praktik pemasangan sambung bulu mata (eyelash extension) di Kecamatan Pancung Soal?, (2). Bagaimana Analisis perlindungan hukum terhadap pemasangan sambung bulu mata (eyelash extension) dalam undang-undang No.8 Tahun 1999, (3). Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pemasangan sambung bulu mata (eyelash extension) dalam hukum Islam? untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan penelitian lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah pelaku usaha dan konsumen eyelash extension. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Jhon W Creswell. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan kajian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa. Pertama, Praktek pemasangan sambung bulu mata (eyelash extension) di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Pelaku usaha akan menawarkan kepada konsumen mengenai model bulu mata dari yang standar sampai premium dan harga dari pemasangan sambung bulu mata tersebut. Akan tetapi, pada proses berjalannya transaksi pelaku usaha masih ada yang tidak menjelaskan kepada konsumen mengenai dampak yang dapat timbul dari pemasangan tersebut. Kedua, Perlindungan hukum terhadap konsumen sambung bulu mata menurut Undang-undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen bahwa pelaku usaha telah memenuhi pasal 4 ayat (2), (4), (7) tentang hak konsumen. Adapun hak-hak konsumen dan kewajiban pelaku usaha yang tidak terpenuhi yaitu pasal 4 ayat (1), (3), (5), (8) dan pasal 7 ayat (2), (4), (5), (6) tentang kewajiban pelaku usaha. Ketiga, Mengenai upaya Perlindungan hukum terhadap konsumen pemasangan sambung bulu mata dalam hukum Islam pelaku usaha telah memehuhi dan memberikan hak khiyar (hak untuk memilih) pada konsumen. Akan tetapi, dalam praktik masih ada kemudharatan yang timbul terhadap konsumen dari pemasangan sambung bulu mata (eyelash extension) yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:11
Last Modified: 07 Jun 2023 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12611

Actions (login required)

View Item View Item