PERAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN DANA AMANAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RANAH MANDIRI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN RANAH PESISIR

WULAN NUR AMALIA, WULAN (2022) PERAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN DANA AMANAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RANAH MANDIRI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN RANAH PESISIR. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Wulan Nur Amalia_1713060214_Cover,dll - Annisa Puspita Sari.pdf - Published Version

Download (842kB)
[img] Text (BAB III)
Wulan Nur Amalia_1713060214_Bab I - Annisa Puspita Sari.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
Wulan Nur Amalia_1713060214_Bab III - Annisa Puspita Sari.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB V)
Wulan Nur Amalia_1713060214_Bab V-Daftar Pustaka - Annisa Puspita Sari.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Wulan Nur Amalia_1713060214_Fulltext - Annisa Puspita Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi adalah salah satu cara penanganan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia saat ini. Kecamatan Ranah Pesisir termasuk ke dalam kecamatan yang melaksanakan program PNPM Mandiri yang bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. Pelaksana kegiatan PNPM Mandiri adalah Unit Pengelola Kegiatan (UPK), di Kecamatan Ranah Pesisir lebih dikenal dengan UPK DAPM Ranah Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran UPK DAPM Ranah Mandiri dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kecamatan Ranah Pesisir, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh UPK DAPM Ranah Mandiri dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yaitu, penelitian yang bertujuan untuk mempelajari dan memahami secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan sesuai dengan unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPK DAPM Ranah Mandiri berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kecamatan Ranah Pesisir. Secara teknis UPK DAPM Ranah Mandiri dapat dikatakan berperan karena telah sesuai dengan PTO PNPM Mandiri. Namun jika dilihat dari teori strategi pemberdayaan ekonomi, peran UPK DAPM Ranah Mandiri ini belum optimal. Peran tersebut terkendala pada kurangnya pengembangan sumber daya manusia, karena UPK DAPM Ranah Mandiri lebih terfokus pada pengembangan modal masyarakat saja. Selain itu kendala lainnya disebabkan karena kurangnya kesadaran, pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk menggunakan dana yang dipinjam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:03
Last Modified: 20 Jun 2023 02:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item View Item