PERAN PROGRAM DANA DESA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT PETANI (STUDI KASUS: NAGARI SINGKARAK, KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK)

VIRA HERSA PUTR, VIRA (2022) PERAN PROGRAM DANA DESA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT PETANI (STUDI KASUS: NAGARI SINGKARAK, KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Vira Hersa Putri_1713060204_cover,dll - nami azz.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text (BAB I)
Vira Hersa Putri_1713060204_BAB I - nami azz.pdf - Published Version

Download (952kB)
[img] Text (BAB III)
Vira Hersa Putri_1713060204_BAB III - nami azz.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB V)
Vira Hersa Putri_1713060204_BAB V - nami azz.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (FULL TEXT)
VIRA HERSA PUTRI_1713060204_fulltext. - nami azz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah prioritas dana desa dialokasikan untuk membiayai bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat didasarkan atas potensi desa, sejalan dengan pencapaian target RPJMDes dan RKPDes setiap tahunnya. Dilihat dari potensi desa, mayoritas mata pencarian masyarakat Nagari Singkarak adalah sebagai petani. Dengan demikian, penulis ingin mengetahui Peran Program Dana Desa Terhadap Pendapatan Masyarakat Petani di Nagari Singkarak. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja program dana desa di Nagari Singkarak, bagaimana peran dana desa terhadap pendapatan masyarakat petani, dan bagaimana hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan dana desa di Nagari Singkarak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja program dana desa di Nagari Singkarak, untuk mengetahui peran program dana desa terhadap masyarakat petani, dan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan kegiatan program dana desa di Nagari Singkarak. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu perangkat nagari dan masyarakat petani, dan data sekunder seperti dokumentasi, surat-surat, dan laporan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah pengumpulan data, display data dan kesimpulan dan varifikasi. Hasil penelitian penulis adalah program dana desa di Nagari Singkarak sudah terjalankan sesuai dengan PERMENDES No.19 Tahun 2017 dimana prioritas dana desa dialokasikan untuk membiayai bidang pembangunan dan pemberdayaan berdasarkan potensi desa. Sumber ekonomi masyarakat Nagari Singkarak mayoritas bermata pencarian sebagai petani, sehingga program dana desa lebih banyak dilakukan terhadap petani, seperti pembangunan jalan tani, perbaikan irigasi dan pelatihan kelompok tani. Peran dana desa dapat dilihat dari kondisi nagari sebelum dan sesudah adanya program dana desa. Kondisi Nagari Singkarak sebelum adanya dana desa masih kurang baik dan pendapatan masyarakat petani belum maksimal. Namun setelah adanya program dana desa, kodisi Nagari Singkarak sudah sangat membaik karena pembangunan dan pemberdayaan yang telah dilaksanakan dana desa memberikan manfaat kepada masyarakat petani sehingga dapat meningkatkan hasil panennya. Faktor yang menjadi penghambat dalam melaksanakan kegiatan dana desa di Singkarak yaitu pengeluaran tidak ada bukti, pekerjaan oleh pihak ke tiga, keterlambatan dana yang turun dan pergantian wali nagari dan perangkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:34
Last Modified: 20 Jun 2023 01:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item