UPAYA PARA PETANI DALAM MENJAGA KETAHANAN EKONOMI RUMAH TANGGA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI NAGARI KOTO SALAK KECAMATAN KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA

UKHTY MELIA HARDIANA, UKHTY MELIA (2022) UPAYA PARA PETANI DALAM MENJAGA KETAHANAN EKONOMI RUMAH TANGGA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI NAGARI KOTO SALAK KECAMATAN KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Ukhty Melia Hardiana_1713060019_Cover, dll - Ukhty Melia Hardiana.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Ukhty Melia Hardiana_1713060019_Bab 1 - Ukhty Melia Hardiana.pdf - Published Version

Download (650kB)
[img] Text (BAB III)
Ukhty Melia Hardiana_1713060019_Bab 3 - Ukhty Melia Hardiana.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (BAB V)
Ukhty Melia Hardiana_1713060019_Bab 5-Daftar Pustaka - Ukhty Melia Hardiana.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Ukhty Melia Hardiana_1713060019_Fulltext - Ukhty Melia Hardiana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Para Petani dalam Menjaga Ketahanan Ekonomi Rumah Tangga Dimasa Pandemi Covid-19 Di Nagari Koto Salak, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasrya” disusun oleh Ukhty Melia Hardiana Nim. 1713060019 Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat Nagari Koto Salak yang bekerja sebagai petani, dimana kondisi pendapatan petani relatif rendah, namun biaya hidup semakin tinggi. Ekonomi rumah tangga merupakan sektor yang rawan mengalami goncangan ekonomi akibat adanya wabah Covid-19. Dengan adanya efek tersebut, sudah sepatutnya pelaku-pelaku ekonomi rumah tangga menanggapi permasalahan ini dengan bijak supaya dapat bertahan dalam keuangan di era wabah Covid-19. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apa saja upaya yang dilakukan para petani dalam menjaga ketahanan ekonomi rumah tangga di masa pandemi covid- 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan para petani dalam menjaga ketahanan ekonomi rumah tangga di masa pandemic covid- 19. Informan dalam penelitian ini sebanyak sepuluh keluarga yang berprofesi sebagai petani. Metode yang di gunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi covid-19 ini mengakibatkan ekonomi rumah tangga para petani mengalami kesulitan, yaitu berkurangnya pendapatan. Oleh sebab itu ada beberapa upaya yang dilakukan para petani untuk menjaga ketahanan ekonomi rumah tangga adalah mengatur keuangan rumah tangga, menerapkan pola hidup sederhana, memiliki sumber pendapatan lain, serta menjual aset (hewan ternak atau emas)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:57
Last Modified: 19 Jun 2023 06:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item View Item