Pelayanan kesehatan rumah sakit Islam: Studi atas penerapan prinsip-prinsip syari’ah pada managemen Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yayasan YARSI Sumatera Barat

Eli Suryani, - (2021) Pelayanan kesehatan rumah sakit Islam: Studi atas penerapan prinsip-prinsip syari’ah pada managemen Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Yayasan YARSI Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_Cover dll..pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_BAB VI.pdf - Published Version

Download (900kB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text
Eli Suryani_88314257_S3_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk merekonstruksi managemen pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina sebagai Rumah Sakit Islam dengan falsafah sarana dakwah bilhal dalam bidang pelayanan kesehatan. Sebagai perwujudan kemanusiaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, bervisikan mewujudkan rumah sakit terkemuka di Sumatera Barat Tahun 2025, dengan Misi; (1) Mewujudkan/memberikan pelayanan yang profesional dan Islami, (2) Mengembangkan SDM Yang Berkuwalitas dan Integritas Tinggi, (3)Melengkapi Sarana dan Prasarana Sesuai Perkembangan Ilmu Kedokteran dan Peraturan yang berlaku, (4) Menjadikan Pelayanan kegawatdaruratan Maternal sebagai Produk Unggulan. Studi ini terkonsentrasi pada (1) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Manajement Pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina (2) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah pada Management Penyelenggaraan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina (3) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Management Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Ibnu Sina. Studi ini merupakan studi lapangan yang dikuatkan dengan studi dokumentasi dan literature. Pengambilan data dilakukan dengan obseravasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melakukan pemetaan dan informasi awal dilakukan survey dengan mengunakan instrumen Google Form. Kemudian dalam teknis analisis data dilakukan proses reduksi data dengan merangkum dan memilih hal-hal pokok dan penting, lalu penyajian data berupa kumpulan informasi yang memberikan kemungkinan adanya penarikan kesimpulan, berupa verifikasi data berupa temuan. Temuan di analisis dengan indikator prinsip-prinsip syariah. Studi ini menemukan bahwa: Pertama, aspek pelayanan, managemen RSI Ibnu Sina memiliki karakter Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Khuluqiyyah), Humanis (Insaniyyah), dan Realistis (Waqi’iyah). Kedua, aspek penyelenggaraan, RSI Ibnu Sina menerapkan prinsi-prinsip syariah pada dimensi dharuriyat, Hajjiyat, dan Tahsiniyyat, dalam rangka Hifzh ad-Din, Hifh al-Nasaal, Hifzh al-Aqal, Hifzh an-Nafs hifzh al-mal. Ketiga, aspek Sumber Daya Manusia, RSI Ibnu Sina sudah menjalankan prinsip-prinsip syariah, dengan indikator karakter SDM yang Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Khuluqiyyah), Humanis (Insaniyyah), dan Realistis (Waqi’iyah), menghasilkan produk-produk halal syar’i. Prinsip-prinsip syariah pada management pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina sudah diterapkan jauh sebelum di keluarkannya Fatwa DSN MUI Nomor 107/DSN-MUI/X/2016. Dibuktikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan oleh Yayasan YARSI Sumatera Barat bersama management yang tertuang di dalam Falsafah, VISI dan MISI RSI Ibnu Sina, dan pernyataan dari pasien beserta keluarga pasien yang pernah berkunjung dan berobat. Untuk itu studi ini menemukan teori atau konsep tentang Fiqh Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Islam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Managemen pelayanan, Rumah Sakit Islam, Prinsip-Prinsip syariah.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Interaksi Sosial dalam Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Hukum Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:42
Last Modified: 07 Jun 2023 07:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item