Tradisi Malapeh Niat ke Gunung Linggo Nagari Padang XI Punggasan, Pesisir Selatan Abad ke-20 M (Tinjauan Historis-Antropologis)

Astari Yurizal, Astari (2019) Tradisi Malapeh Niat ke Gunung Linggo Nagari Padang XI Punggasan, Pesisir Selatan Abad ke-20 M (Tinjauan Historis-Antropologis). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, kapan tradisi malapeh niat ke Gunung Linggo Nagari Padang XI Punggasan diperkirakan muncul. Kedua,Bagaimana dinamika tradisi malapeh niat ke Gunung Linggo Nagari Padang XI Punggasan Pesisir Selatan abad ke-20 M. Ketiga, apa saja faktor penyebab terjadinya perubahan-perubahan dalam tradisi malapeh niat ke Gunung Linggo Nagari Padang XI Punggasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, sintesis dan penulisan. Hasil penelitian skripsi ini adalah Pertama, tradisi malapeh niat ke Gunung Linggo Nagari Padang XI Punggasan diperkirakan muncul pada abad ke-16 M, yang merupakan awal masuknya agama Islam ke Pesisir Selatan yang dibawa oleh Syekh Kamaluddin dari Pariaman. Masyarakat setempat menganggap gundukan tanah di puncak Gunung itu sebagai kuburan orang yang mulya, yang meminbulkan kepercayaan Gunung Linggo tersebut keramat/sakti. Kedua, dinamika (perubahan) dalam tradisi ini terjadi pada abad ke-20 M yang berlangsung sangat lama. Sekarang masyarakat setempat jarang malapeh niat ke Gunung Linggo. Ketiga, faktor-faktor penyebab terjadi perubahan dalam tradisi malapeh niat ke Gunung Linggo adalah faktor keagamaan, faktor pendidikan dan kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Kesenian Islam, Kebudayaan Islam, Seni Islam, Budaya Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:50
Last Modified: 07 Jun 2023 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item