Sistem Pembayaran Upah oleh Event Organizer terhadap Grup Band Musik Perspektif Hukum Islam (studi kasus pada PT. DC kota Padang)

Rahmadani, Wulan Putri (2022) Sistem Pembayaran Upah oleh Event Organizer terhadap Grup Band Musik Perspektif Hukum Islam (studi kasus pada PT. DC kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Cover,dll. - wulan putry(1).pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (Bab 1)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Bab I - wulan putry(1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Bab II - wulan putry(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text (Bab 3)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Bab III - wulan putry(1).pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Bab 4)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Bab IV - wulan putry.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Bab V, Daftar Pustaka - wulan putry(1).pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (Fulltext)
Wulan Putri Rahmadani_1613030040_Full text - wulan putry.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh sistem pembayaran upah oleh event organizer terhadap grup band musik perspektif Hukum Islam (studi kasus pada PT. DC kota Padang). Masalah dalam skripsi ini adalah sistem pembayaran upah oleh event organizer terhadap grup band musik dimana pihak event organizer tidak konsisten dengan waktu pembayaran upah yang telah dijanjikan. Sehingga membuat grup band musik merasa kurang puas dan kecewa. Pertanyaan penelitian ada tiga, yakni: Pertama, kenapa terjadi penundaan pembayaran upah oleh PT. DC terhadap grup band musik. Kedua, apa dampak penundaan pembayaran upah oleh PT. DC terhadap grup band musik. Ketiga, bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang sistem pembayaran upah oleh PT. DC terhadap grup band musik. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research), dengan melakukan wawancara kepada pihak yang terkait secara langsung. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden dengan menggunakan teknik wawancara. Data sekunder diperoleh dari buku-buku dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, pertama, faktor penundaan pembayaran upah oleh event organizer terhadap grup band musik disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua, dampak penundaan pembayaran upah oleh event organizer terhadap grup band musik yaitu keterlambatan pembayaran honor para anggota grup band musik, menjadikan grup band music sulit berkembang, dan mengakibatkan grup band musik terancam bubar. Ketiga, tinjauan Hukum Islam terhadap pembayaran upah oleh event organizer dengan grup band musik adalah sudah sesuai dengan konsep ijarah dalam Islam dan tidak bertentangan dengan Hadis Nabi tentang memberikan upah sebelum keringatnya kering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:18
Last Modified: 06 Jun 2023 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item