Penggunaan Jalan Raya Sebagai Tempat Penyelenggaraan Walimah al-‘Ursy Ditinjau Dari Maqashid al-Syariah (Studi Kasus di Desa Toboh Palabah Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman)

Wahyuni, Wulan (2022) Penggunaan Jalan Raya Sebagai Tempat Penyelenggaraan Walimah al-‘Ursy Ditinjau Dari Maqashid al-Syariah (Studi Kasus di Desa Toboh Palabah Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
WULAN WAHYUNI-1713010070_COVER,DLL - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text (Bab 1)
WULAN WAHYUNI_1713010070_BAB I - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version

Download (698kB)
[img] Text (Bab 2)
WULAN WAHYUNI_1713010070_BAB II - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text (Bab 3)
WULAN WAHYUNI_1713010070_BAB III - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Bab 4)
WULAN WAHYUNI_1713010070_BAB IV - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text (Bab 5)
WULAN WAHYUNI_1713010070_BAB V - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (Fulltext)
WULAN WAHYUNI_1713010070_FULLTEXT - Wulan Wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat Desa Toboh Palabah yang menggunakan jalan sebagai tempat walimah, padahal menggunakan jalan sebagai tempat walimah dapat mengganggu fungsi jalan sebagai tempat lalu lintas, selain itu terdapat Hadis Rasulullah SAW melarang untuk duduk-duduk di jalan. Penggunaan jalan sebagai tempat walimah dapat menimbulkan kemudharatan dan kemaslahatan. Penelitian ini menggunakan tinjauan maqashid al-syariah terhadap penggunaan jalan sebagai tempat walimah di Desa Toboh Palabah dilihat dari besar kecilnya kemudharatan dan kemaslahatan yang ditimbulkan. Pertanyaan penelitiannya adalah 1. Apa faktor penyebab masyarakat Desa Toboh Palabah menggunakan jalan raya sebagai tempat walimah al-‘ursy 2. Bagaimana pelaksanaan walimah al-‘ursy yang menggunakan jalan raya di Desa Toboh Palabah 3. Bagaimana tinjauan maqashid al-syariah terhadap penggunaan jalan raya sebagai tempat walimah al-‘ursy di desa Toboh Palabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan antara penelitian lapangan dan kepustakaan yang menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, yaitu mewawancarai masyarakat yang menggunakan jalan raya sebagai tempat walimah serta tokoh masyarakat dan sumber data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian. Temuan dari penelitian ini adalah 1. Faktor penyebab masyarakat Desa Toboh Palabah menggunakan jalan raya sebagai tempat walimah adalah: perkarangan rumah yang sempit, tenda dan pelaminan yang cukup besar, faktor ekonomi dan terdapat tradisi badantam 2. Pelaksanaan walimah al-‘ursy yang menggunakan jalan raya di Desa Toboh Palabah telah mematuhi aturan yang terdapat dalam Undang-Undang dengan masyarakat yang mengurus izin pemakaian jalan serta memberikan hak jalan bagi pengguna jalan 3. Tinjauan maqashid al-syariah terhadap penggunaan jalan raya sebagai tempat walimah di Desa Toboh Palabah adalah boleh karena lebih banyak kemaslahatan yang ditimbulkan dari pada kemudharatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:04
Last Modified: 06 Jun 2023 07:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12583

Actions (login required)

View Item View Item