Analisis Kepatuhan Syariah (Shariah Compliance) Terhadap Pembiayaan Dengan Sistem Tanggung Renteng Di Nagari Sunua Barat Kec. Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman

Suci, Syendita Rahma (2022) Analisis Kepatuhan Syariah (Shariah Compliance) Terhadap Pembiayaan Dengan Sistem Tanggung Renteng Di Nagari Sunua Barat Kec. Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Syendita Rahma Suci_1613030061_COVER(1) - srs rahma.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB 1)
Syendita Rahma Suci_1613030061_BAB I(1) - srs rahma.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2)
Syendita Rahma Suci_1613030061_BAB II(1) - srs rahma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
Syendita Rahma Suci_1613030061_BAB III(1) - srs rahma.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB 4)
Syendita Rahma Suci_1613030061_BAB IV(1) - srs rahma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 5)
Syendita Rahma Suci_1613030061_BAB V(1) - srs rahma.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Syendita Rahma Suci_1613030061_fulltext(1) - srs rahma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi olrh berkembangnya dunia yang menyebabkan adanya perubahan perilaku dalam hal perdagangan atau transaksi dalam perekonomian. Salah satunya adalah praktek pembiayaan dengan sistem tanggung renteng yang dilakasanakan di Nagari Sunua Barat Kec. Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman. Dalam menggunakan pembiayaan dengan sistem tanggung renteng, apabila terdapat salah satu anggota kelompok tidak bertanggung jawab membayar pembiayaanya. Maka seluruh anggota dalam kelompok menanggung bersam-sama atau bertanggung jawab atas sisa cicilan hutang yang ditinggalkan. Pertanyaan penelitian yang dijawab adalah pertama, bagaimana mekanisme pelaksanaan program pembiayaan dengan sistem tanggung renteng dan kedua, bagaimana kepatuhan syariah (shariah compliance) dalam pembiayaan dengan sistem tanggung renteng menurut ketentuan fatwa DSN-MUI No. 11/DSN-MUI/IV/2000. Untuk menjawab permasalahan tersebut data yang diperoleh diolah dengan menggunakan jenis penelitian hukum empiris yang merupakan penelitian lapangan yang diambil datanya dari data primer dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum, adapun hasil penelitian ini: pertama hasil dari pertanyaan tentang mekanisme program pembiayaan dengan sistem tanggung renteng adalah ada beberapa tahap pertama dimulai dengan pertemuan umum, kedua pembentukan kelompok, ketiga pertemuan mingguan, dan trerakhir pencairan. Kedua, hasil dari analisis kepatuhan syariah (shariah compliance) terhadap pembiayaan dengan system tanggung renteng yaitu dilihat dari petugasnya sudah sesuai dengan kepatuhan syariah sudah mematuhi aturan yang telah dibuat oleh BTPN Syariah yang sesuai dengan fatwa DSN-MUI nomor 11/DSN-MUI/IV/2000. Selanjutnya, dari nasabahnya masih beberapa belum patuh terhadap hukum yang telah diberlakukan seperti tidak membayar uang angsuran dan dengan sengaja menunda pembayaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: pembiayaan dengan sistem tanggung renteng ini sudah sesuai dengan kepatuhan syariah yaitu akad Kafalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:06
Last Modified: 06 Jun 2023 04:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item