Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako Di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Idelmi, Syahrul (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako Di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Syahrul Idelmi_1813040149_Cover,dll - Syahrul Delmi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
Syahrul Idelmi_1813040149_Bab 1 - Syahrul Delmi.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2)
Syahrul Idelmi_1813040149_Bab 2 - Syahrul Delmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 3)
Syahrul Idelmi_1813040149_Bab 3 - Syahrul Delmi.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB 4)
Syahrul Idelmi_1813040149_Bab 4 - Syahrul Delmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
Syahrul Idelmi_1813040149_Bab 5_Daftar Pustaka - Syahrul Delmi.pdf - Published Version

Download (767kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Syahrul Idelmi 1813040149_fulltext.. - Syahrul Delmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini dilatarbelakangi oleh Pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako yang ada di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Adapun yang menjadi pertanyaan penilitian dalam hal ini adalah: Pertama, Bagaimana Pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako di Nagari Sariak Alahan Tigo Kabupaten Solok Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok? Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap Pendistribusian Bantuan Sembako (BANSOS) Sembako di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis menggunakan jenis penelitian normatif-empiris. Adapun informan penelitian ini adalah wali Nagari, pendamping pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako dan Masyarakat penerima Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako. Pemilihan informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok secara keseluruhan program Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako ini belum didapatkan oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan, hal ini dikarenakan penyaluran bantuan diberikan oleh pemerintah tidak tepat sasaran kepada penerima. Dalam pelaksanaan pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok di pukul rata baik itu orang yang dikategorikan mampu maupun tidak mampu. Secara Tinjauan Hukum Islam terhadap Pendistribusian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako yang namanya pemberi bantuan itu adalah sesuatu yang dibolehkan dan dianggap perbuatan baik, namun dalam pelaksanaan ada beberapa prinsip yang tidak tercapai secara utuh sehingga menimbulkan kesenjangan ekonomi pada masyarakat yang tidak mampu karena tidak memenuhi konsep keadilan, demi terjadinya konsep keadilan harus ada perbaikan-perbaikan. Pandangan Tokoh Masyarakat Terhadap Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako Di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok bahwa pemberian Bantuan Sosial (BANSOS) Sembako di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok tidak tepat sasaran dan tidak sesuai dengan aturan pemerintah yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:59
Last Modified: 06 Jun 2023 03:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item