PRAKTEK SELEBGRAM ENDORSEMENT DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pelanggan Toko Babe Cake Padang)

SINTYA KARTIKA, SINTYA (2022) PRAKTEK SELEBGRAM ENDORSEMENT DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pelanggan Toko Babe Cake Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
SINTYA KARTIKA_1713060060_COVER Dll - sintya kartika.pdf - Published Version

Download (778kB)
[img] Text (BAB I)
SINTYA KARTIKA_1713060060_ BAB I - sintya kartika.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB III)
SINTYA KARTIKA_1713060060_BAB III - sintya kartika.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
SINTYA KARTIKA_1713060060_BAB V - sintya kartika.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (full text)
SINTYA KARTIKA_1713060060_Full Teks - sintya kartika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Selebgram Endorsement adalah seorang pribadi baik itu aktor, artis maupun atlit yang dikenal masyarakat dan menjadi pujaan, karna prestasinya di suatu bidang dan digunakan dalam menyampaikan pesan iklan yang dimaksudkan untuk menarik perhatian sehingga mempengaruhi konsumen sasaran. Endorsement atau endorser merupakan sebuah icon atau sering disebut sebagai direct source (sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi atau periklanan yang bertujuan untuk mendukung efektivitas penyampaian pesan produk. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktek selebgram endorsement dalam perspektif etika bisnis Islam (studi kasus pelanggan toko babe cake padang). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktek selebgram endorsement dalam perspektif etika bisnis Islam (studi kasus pelanggan toko babe cake padang). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dan pengamatan pada story instagram masing-masing selebgram yang mendeskripsikan produk dalam bentuk video singkat. Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa selebgram pada Toko Babe Cake masih menjaga etika bisnis mereka saat melakukan endors seperti jujur dan terpercaya, Tidak memuji produk secara berlebihan, berlaku baik, tidak menjelekkan produk lain dan bertanggung jawab. Masing-masing selebgram cenderung memberikan testimoni yang baik serta menjalankan apa yang diamanahkan kepada mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:05
Last Modified: 06 Jun 2023 03:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

View Item View Item