ANALISIS PENGARUH DANA ZAKAT PROGRAM SOLOK SELATAN MAKMUR TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO MUSTAHIK PADA BAZNAS KABUPATEN SOLOK SELATAN

RUDI SYAHPUTRA, RUDI (2022) ANALISIS PENGARUH DANA ZAKAT PROGRAM SOLOK SELATAN MAKMUR TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO MUSTAHIK PADA BAZNAS KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Rudi Syahputra_1713060145_Cover,dll - rudi syahputra.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB I)
Rudi Syahputra_1713060145_Bab 1 - rudi syahputra.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
Rudi Syahputra_1713060145_Bab 3 - rudi syahputra.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (BAB V)
Rudi Syahputra_1713060145_Bab 5-Daftar Pustaka - rudi syahputra.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Rudi Syahputra_1713060145_Fulltext - rudi syahputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsep dan pengaruh dana zakat program solok selatan makmur terhadap pemberdayaan usaha mikro mustahik pada baznas kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penetian lapangan (field rescarch) dengan menggunkan pendekatan asosiatif kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneltian ini bertempat di Baznas Kabupaten Solok Selatan yang berhubungan dengan pemberdayaan usaha mikro mustahik melalui program solok selatan Makmur. Hasil penelitian dengan menganalisa melalui berbagai teknik pengumpulan dan analisis data pada penelitian ini adalah (1) berdasarkan wawancara dengan pihak Baznas, program solok selatan makmur telah memiliki konsep yang bagus untuk memberdayakan usaha mikro mustahik. Dengan dibaginya bantuan usaha menjadi tiga yaitu bantuan pemberdayaan usaha, bantuan langsung, dan bantuan sarana. Namun dalam pelaksanaannya, bantuan pemberdayaan usaha dan bantuan langusng lebih sering dijumpai, sedangkan bantuan sarana sangat sedikit. Itu dikarenakan kondisi mustahik lebih cenderung memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pemberdayaan usaha. Program Solok Selatan Makmur cukup berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya dalam pemberdayaan usaha mustahik. (2) dana zakat program solok selatan makmur berpengaruh positif terhadap pemberdayaan usaha mikro mustahik, dengan adanya peningkatan pendapatan, jumlah produksi dan konsumen pada usaha mustahik. Pada tahun 2019, terdapat 11 dari 14 orang mustahik yang berhasil diberdayakan oleh Baznas Kabupaten Solok Selatan, dengan usaha yang beraneka ragam seperti usaha makanan, menjahit dan kerajinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:05
Last Modified: 06 Jun 2023 01:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item