Penetapan Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 Tahun 2020 dalam memaksimalkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2020 terkait penanganan CoVid-19 di Indonesia perspektif Maqâshid al-Syarî’ah Imam al-Syatiby

Desi Yusdian, - (2022) Penetapan Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 Tahun 2020 dalam memaksimalkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2020 terkait penanganan CoVid-19 di Indonesia perspektif Maqâshid al-Syarî’ah Imam al-Syatiby. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text
FULL DISERTASI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Desi Yusdian, 1920100004, Penetapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 Dalam Memaksimalkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 Terkait Penanganan CoVid-19 di Indonesia Perspektif Maqâshid al-Syarî’ah Imam al-Syatiby, Disertasi, Konsentrasi Syariah, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2021, 340 halaman. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pemerintah Indonesia dan Sumatera Barat dalam penanganan CoVid-19 di Indonesia perspektif maqâshid al-syarî‟ah Imam al-Syatiby. Sedangkan batasan masalah pada penelitian ini, yaitu: Pertama, bentuk-bentuk kebijakan pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah Sumatera Barat dalam penanganan CoVid-19. Kedua, latar belakang lahirnya kebijakan pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah Sumatera Barat dalam penanganan CoVid-19. Ketiga, implikasi kebijakan pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah Sumatera Barat dalam penanganan CoVid-19. Penelitian menggunakan pendekatan sosiolegal dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman dengan mereduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian dianalisis melalui pendekatan maqâshidu al-syarî‟ah versi Imam al-Syathiby. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat dalam penangan CoVid-19 adalah menerbitkan PP No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemerintah Daerah Sumatera Barat adalah Perda No. 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Kedua, latar belakang dari lahirnya PP No. 21 Tahun 2020 kian merebaknya CoVid-19 di Indonesia sehingga dapat mengancam keselamatan masyarakat Indonesia, sedangkan latar belakang lahirnya Perda No. 6 Tahun 2020 ketidak efektifan PP No. 21 Tahun 2020 dalam melakukan penanggulangan Co-Vid-19. Ketiga, implikasi dari penerapan PP No. 21 Tahun 2020 adalah berdampak negatif kepada sektor ekonomi, keagamaan, pendidikan dan sosial. Sedangkan implikasi dari penerapan Perda No. 6 Tahun 2020 adalah meningkatnya kembali gairah kehidupan masyarakat pada sektor ekonomi, keagamaan, pendidikan dan sosial. Meski, pada masa penerapan perda ini terjadi lonjakan kasus infeksi CoVid-19 di Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: PSBB, AKB, Maqashid al-Syari`ah, Imam al-Syathib
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Perubahan Sosial dalam Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Hukum Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:36
Last Modified: 05 Jun 2023 04:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12569

Actions (login required)

View Item View Item