Penerapan Nilai-Nilai Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Rahayu, Tama Dinka Gusti (2022) Penerapan Nilai-Nilai Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Tama Dinka Gusti Rahayu 1813040158 cover dll - Tama Dinka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Tama Dinka Gusti Rahayu_1813040158_BAB I - Tama Dinka.pdf - Published Version

Download (879kB)
[img] Text (BAB 2)
Tama Dinka Gusti Rahayu_1813040158_BAB II - Tama Dinka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text (BAB 3)
Tama Dinka Gusti Rahayu_1813040158_BAB III - Tama Dinka.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text (BAB 4)
Tama Dinka Gusti Rahayu_1813040158_BAB IV - Tama Dinka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
Tama Dinka Gusti Rahayu-1813040158-BAB V dan Daftar Pustaka 12 - Tama Dinka.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Tama Dinka Gusti Rahayu_1813040158_Fukktext - Tama Dinka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji penerapan nilai-nilai muamalah terhadap praktik jual beli di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketimpangan- ketimpangan yang terjadi dalam melakukan praktik jual beli yang belum tertuntun terhadap nilai-nilai muamalah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah pertama; Bagaimana Pola tingkah laku pedagang di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan? Kedua; Bagaimana Penerapan Nilai-nilai Muamalah terhadap Praktik Jual beli di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) terhadap pedagang di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan: Pola tingkah laku pedagang dalam transaksi jual beli di Pasar Inpres Kenagarian IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas ini meliputi pada umumnya menjalankan salat wajib tepat waktu dan memperhatikan sumber barang yang diperjualbelikan halal dari segi zatnya dan memperolehnya. Namun, masih ada ditemukan pedagang yang pada umumnya tidak terbuka terhadap barang yang dijual dan tidak bersikap ramah dalam melayani pembeli. Penerapan nilai-nilai muamalah ditinjau dari 6 prinsip muamalah yang dijadikan tolak ukur, pada umumnya prinsip tauhid dan prinsip halal sudah diterapkan oleh pedagang. Sedangkan berdasarkan prinsip muamalah yaitu prinsip kebebasan bertransaksi, prinsip kerjasama, prinsip amanah, dan prinsip komitmen terhadap akhlaqul karimah pada umumnya belum diterapkan dengan baik oleh pedagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:29
Last Modified: 05 Jun 2023 03:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12566

Actions (login required)

View Item View Item