PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT ISLAM STUDI ATAS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARI’AH PADA MANAGEMEN RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YAYASAN YARSI SUMATERA BARAT

Eli suryani, suryani (2021) PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT ISLAM STUDI ATAS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARI’AH PADA MANAGEMEN RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YAYASAN YARSI SUMATERA BARAT. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
FULL DISERTASI ELI SURYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk merekonstruksi managemen pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina sebagai Rumah Sakit Islam dengan falsafah sarana dakwah bilhal dalam bidang pelayanan kesehatan. Sebagai perwujudan kemanusiaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, bervisikan mewujutkan rumah sakit terkemuka di Sumatera Barat Tahun 2025, dengan Misi; (1) Mewujudkan/memberikan pelayanan yang profesional dan Islami, (2) Mengembangkan SDM Yang Berkuwalitas dan Integritas Tinggi, (3)Melengkapi Sarana dan Prasarana Sesuai Perkembangan Ilmu Kedokteran dan Peraturan yang berlaku, (4) Menjadikan Pelayanan kegawatdaruratan Maternal sebagai Produk Unggulan. Studi ini terkonsentrasi pada (1) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Manajement Pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina (2) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah pada Management Penyelenggaraan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina (3) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Management Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Ibnu Sina. Studi ini merupakan studi lapangan yang dikuatkan dengan studi dokumentasi dan literature. Pengambilan data dilakukan dengan obseravasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melakukan pemetaan dan informasi awal dilakukan survey dengan mengunakan instrumen Google Form. Kemudian dalam teknis analisis data dilakukan proses reduksi data dengan merangkum dan memilih hal-hal pokok dan penting, lalu penyajian data berupa kumpulan informasi yang memberikan kemungkinan adanya penarikan kesimpulan, berupa verifikasi data berupa temuan. Temuan di analissis dengan indikator prinsip-prinsip syariah. Studi ini menemukan bahwa: Pertama, aspek pelayanan, managemen RSI Ibnu Sina memiliki karakter Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Khuluqiyyah), Humanis (Insaniyyah), dan Realistis (Waqi’iyah). Kedua, aspek penyelenggaraan, RSI Ibnu Sina menerapkan prinsi-prinsip syariah pada dimensi dharuriyat, Hajjiyat, dan Tahsiniyyat, dalam rangka Hifzh ad-Din, Hifh al-Nasaal, Hifzh al-Aqal, Hifzh an-Nafs hifzh al-mal. Ketiga, aspek Sumber Daya Manusia, RSI Ibnu Sina sudah menjalankan prinsip-prinsip syariah, dengan indikator karakter SDM yang Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Khuluqiyyah), Humanis (Insaniyyah), dan Realistis (Waqi’iyah), menghasilkan produk-produk halal syar’i. Prinsip-prinsip syariah pada management pelayanan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina sudah diterapkan jauh sebelum di keluarkannya Fatwa DSN MUI Nomor.107/DSN-MUI/X/2016. Dibuktikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan oleh Yayasan YARSI Sumatera Barat bersama management yang tertuang di dalam Falsafah, VISI dan MISI RSI Ibnu Sina, dan pernyataan dari pasien beserta keluarga pasien yang pernah xiv berkunjung dan berobat. Untuk itu studi ini menemukan teori atau konsep tentang Fiqh Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Islam. Kata Kunci; Managemen pelayanan, Rumah Sakit Islam, Prinsip-Prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Fiqih
Agama Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Hukum Islam
Depositing User: Nasrul Makdis
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:53
Last Modified: 30 Nov 2021 07:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item