Pelaksanaan Akad Mampuduon kobau Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Jorong Siluluk Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya)

Putra, Tobi Dwi (2022) Pelaksanaan Akad Mampuduon kobau Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Jorong Siluluk Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Tobi Dwi Putra_1813040083_cover dll - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Tobi Dwi Putra_1813040083_bab 1 - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB 2)
Tobi Dwi Putra_1813040083_Bab 2 - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text (BAB 3)
Tobi Dwi Putra_1813040083_Bab 3 - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB 4)
Tobi Dwi Putra_1813040083_Bab 4 - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text (BAB 5)
Tobi Dwi Putra_1813040083_Bab 5 - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Tobi Dwi Putra_1813040083_fulltext - Tobi dwi Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kegiatan mampuduon kobau yang dilakukan oleh masyarakat Jorong Siluluk Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya dalam hal pemeliharaan kerbau. Mampuduon kobau yang dilakukan oleh masyarakat Jorong Siluluk tidak dijelaskan mekanisme para pihak terikat dalam akad yang dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan akad mampuduon kobau di Jorong Siluluk Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Pertanyaan penelitian adalah pertama bagaimana pelaksanaan akad mampuduon kobau di Jorong Siluluk Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya?. Kedua bagaimana perspektif Fikih Muamalah terhadap pelaksanaan akad mampuduon kobau di Jorong Siluluk Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara dan dokumentasi, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pemilik kerbau, pengembala kerbau dan masyarakat Jorong Siluluk. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka dapat diambil kesimpulan adalah pertama pelaksanaan akad mampuduon kobau terjadi karena keinginan pemilik kerbau dan pengembala kerbau untuk memelihara kerbau dengan tujuan agar terpelihara dengan baik serta memperoleh keuntungan. Pelaksanaan akad mampuduon kobau menggunakan akad lisan yakni pengucapan dari mulut ke mulut. Praktek yang terjadi pada masyarakat yang melaksanakan mampuduon kobau sudah mengetahui mekanisme kerjasama tersebut tanpa disampaikan ketika akad berlangsung. Kedua pelaksanaan akad mampuduon kobau sudah sesuai dengan fikih muamalah jika dikaitkan dengan pelaksanaan yang sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Masyarakat setempat mengetahui mekanisme mampuduon kobau dari kebiasaan yang terjadi dalam masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:45
Last Modified: 05 Jun 2023 02:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item View Item