PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BUDAYA SARIBU RUMAH GADANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DAN PELUANG USAHA MASYARAKAT DI NAGARI KOTO BARU KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

RETNO YULIA, RETNO (2022) PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BUDAYA SARIBU RUMAH GADANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DAN PELUANG USAHA MASYARAKAT DI NAGARI KOTO BARU KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Retno Yulia_1713060211_Cover,dll - Reka Arnas.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text (BAB I)
Retno Yulia_1713060211_BAB I - Reka Arnas.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
Retno Yulia_1713060211_BAB III - Reka Arnas.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB V)
Retno Yulia_1713060211_BAB V - Daftar Pustaka - Reka Arnas.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Retno Yulia_1713060211_Fultext - Reka Arnas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Pengembangan Objek Wisata Budaya Saribu Rumah Gadang Berbasis Kewirausahawan dan Peluang Usaha Masyarakat di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan”. Disusun oleh Retno Yulia (NIM 1713060211), Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2021. Kabupaten Solok Selatan memiliki destinasi wisata budaya yang sangat unik, yakni Kawasan Saribu Rumah Gadang yang terletak di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu. Keunikan itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mengurangi angka pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan berkembangnya suatu industri pariwisata akan berpengaruh kepada meningkatnya peluang usaha masyarakat sekitar obyek wisata serta terciptanya lapangan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak pengembangan objek wisata budaya Saribu Rumah Gadang terhadap peluang usaha masyarakat di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reasearch) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pegembangan objek wisata Saribu Rumah Gadang berbasis Kewirausahaan Terhadap Peluang usaha Masyarakat Di Nagari Koto Baru Kecamatan Sugai Pagu Kabupaten Solok Selatan bahwa dengan adanya pegembangan objek wisata Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru dapat membuka beragam kewirausahaan dan peluang usaha bagi masyarakat sekitar seperti adanya usaha menjadi pemandu wisata, jasa homestay atau penginapan, usaha kuliner serta souvenir yang bisa di bawa oleh wisatawan sebagai kenangkenangan karna pernah mengunjungi objek wisata tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 31 May 2023 03:36
Last Modified: 31 May 2023 03:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12542

Actions (login required)

View Item View Item